Praktekin.com – Bagaimana tidak, di usia yang baru menginjak 20 tahun sudah bisa berpenghasilan mencapai Ratusan Juta Rupiah. Adalah Alfian Pamungkas Sakawiguna, yang termasuk salah satu pengusaha sukes sejak usia belia.

Penghasilan tersebut berhasil diperolehnya dari bisnis layanan jasa domain register, Cloud Hosting, Server (VPS dan Dedicated Server) milik perusahaan yang didirikannya beberapa waktu yang lalu.

Uniknya Alfian bukanlah merupakan keturunan dari keluarga yang mempunyai profesi sebagai pengusaha, namun jiwa kewirausahaan Alfian sudah tumbuh sejak usianya masih belasan tahun. Di saat masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama, Alfian sudah mendirikan sebuah warnet di kampung halamannya di Sukabumi, Jawa Barat. Dan hebatnya, dia mendirikan warnet tersebut tanpa bantuan modal dari orang tuanya. Modal dia dapatkan dari hasil berjualan pulsa.

Usaha warnet tersebut sukses, karena kebetulan di kampungnya agak kesulitan untuk mendapatkan akses internet dan akhirnya membuat anak-anak muda berbodong-bondond menuju warnet miliknya. Dari usaha tersebut juga menghantarkannya untuk mendapatkan penghargaan  sebagai finalis duta internet sehat dan aman 2013 yang diselenggarakan oleh kementrian Kominfo. Ternyata, dari membuka usaha warnet tersebut, Alfian juga banyak belajar mengenai dunia komputer dan jaringan.

Kecintaannya pada Komputer dan IT (Informasi teknologi) sudah ada sejak masih kecil, waktu itu sering dihabiskan waktunya di depan komputer bahkan sampai larut malam.  Setelah kuliah pun, kecintaannya tersebut tidak pudar terbukti dengan mengambil kuliah di Telkom University Bandung.

Di saat kuliah tersebut, Alfian pun mendirikan sebuah perusahaan yang dinamakan PT Cloud Hosting Indonesia. Dia mengaku, mempelajari bidang Web Hosting Provider sebelum masuk kuliah, tepatnya sejak lima tahun lalu. Alasan dia belajar bidang itu sangat sederhana, yakni karena melihat potensi kebutuhan aplikasi dan website yang semakin besar.

Pada saat awal membangun usaha ini, Alfian mengaku tidak menggunakan modal uang sepeserpun alias dengan modal Rp. 0,-  investasi yang terbesar adalah investasi waktu.

Saat ini omzet PT Cloud Hosting Indonesia sudah mencapai ratusan juta per bulan. Namun, hal ini tidak membuatnya berbangga hati, Alfian terus mengembangkan bisnisnya. Salah satu strategi yang digunakan adalah dengan memanfaatkan media sosial dalam menargetkan beberapa pasar konsumen.

Melalui perusahaannya, Alfian juga melakukan berbagai kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) melalui program Ekabima (Edukasi bangun Indonesia Maju). Program itu membuka website dan Google Apps gratis untuk sekolah yang ada di seluruh Indonesia.