jui

Susu merupakan minuman bergizi tinggi, mengandung banyak vitamin dan mineral. Susu juga dapat diolah menjadi berbagai macam makanan dan minuman yang lezat dan menggugah selera.

Salah satu pelaku UKM yang mengolah susu menjadi minuman sehat serta nikmat adalah Sigit (41 th) pemilik dari kedai TongSuMur (Tongkrongan Susu Murni) yang terletak di Jl. Kemang Raya 85, Jakarta Selatan. Produk yang ia tawarkan merupakan susu sapi segar dengan berbagai rasa, namun tidak hanya itu saja ia juga menjual bermacam-macam sate, gorengan dan nasi kucing. Namun produk andalan dari Sigit ini  susu murni.

Sigit telah menjual produk olahan susunya semenjak 5 tahun yang lalu. Awalnya ia merasa bahwa produk olahan susu sapi segar di daerah Jakarta sangatlah jarang, sehingga ia memilih produk ini untuk dijadikan suatu usaha.

Dalam menyediakan bahan baku susu murni, ia juga berkerja sama dengan Koperasi Peternakan Jakarta yang bertempat di jalan Raya Poltangan 26 Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Harga yang ia tawarkan juga cukup bersahabat, “harga yang ditawarkan agak murah, yaa harga mahasiswa lah.” Ungkapnya. Untuk olahan susu mulai dari Rp. 5.000 (Lima ribu rupiah) sampai dengan Rp. 10.000 (Sepuluh ribu rupiah), sedangkan untuk sate dan gorengan berkisar antara Rp 1.000 (Seribu rupiah) sampai dengan Rp. 2.500 (Dua ribu lima ratus).

Sedangakan untuk omzetnya bisa mendapatkan sekitar Rp. 30.000.000 (Tiga puluh juta) perbulan.

Dalam memasarkan produknya menggunakan media sosial sebagai media utama, namun dalam menjalankan media sosialnya ia juga berkerja sama dengan para mahasiswa yang memang tertarik dengan produk yang ia jajakan.

Sigit berharap kedepannya bahwa usaha susu murni ini dapat berjalan dengan lancar, serta dapat membuka cabang baru lagi dan dapat mengangkat nama dari Koperasi Peternakan Jakarta.