Meningkatnya jumlah lulusan dari Perguruan Tinggi setiap tahunnya ternyata tidak diimbangi dengan jumlah lapangan pekerjaan yang tersedia, hal inilah yang memicu semakin menambah jumlah angka pengangguran di Indonesia. Sayangnya hanya sedikit diantara para lulusan tersebut yang menyadarinya. Diantara mereka yang menyadari segera mencoba peruntungannya dengan memulai sebuah bisnis. Diantara beberapa bisnis anak muda saat ini yang sering dijalankan adalah sebagai berikut:

Bisnis Anak Muda Saat Ini Yang Sedang Digandrungi

Bisnis Kuliner

Anak muda memang senang memasak! Kenapa bisa demikian? Bisa jadi, sewaktu mereka masih kuliah tinggal di indekost, beberapa diantara mereka yang tinggal di indekost biasanya suka mencoba untuk memasak sendiri untuk mengirit biaya. Atau mungkin karena seringnya tayangan kompetisi memasak yang diselenggarakan oleh televisi nasional juga bisa memicu kesukaan anak muda terhadap kegiatan yang satu ini. Meskipun membuka bisnis kuliner bukan berarti bisnis ini kurang inovatif dan kreativitas. Lihat saja perkembangan bisnis kuliner akhir-akhir ini yang pelakunya didominasi sebagian besar oleh anak muda. Justru kreativitas dan inovasilah yang mereka tonjolkan dalam mengolah atau menyajikan sebuah masakan. Sesuatu yang “baru” pastilah menggoda anak muda penggemar kuliner untuk mencobanya.

Apalagi dengan ditunjang banyaknya sosial media yang bisa mendukung pemasaran bisnis kuliner tersebut. Maka makin mudahlah anak-anak muda dalam memulai bisnis kuliner.

Bisnis Online

Perkembangan teknologi internet yang sangat pesat seolah tidak bisa terbendung lagi aksesnya. Perkembangan tersebut telah berdampak kepada kebiasaan seseorang dalam mencari informasi, produk maupun jasa. Hal inilah yang memicu pertumbuhan bisnis online yang luar biasa. Apalagi dengan banyaknya gadget yang sudah bisa mengakses internet tanpa melalui akses ke WIFI. Banyak kalangan anak muda yang tertarik untuk memulai sebuah bisnis melalui internet, alasannya adalah karena mudahnya akses informasi, modal yang dibutuhkan tidak besar dan jangkauan pemasaran yang lebih luas.

Uniknya, untuk memulai bisnis online bagi anak muda cukup digemari. Karena bisa memulainya tanpa modal uang sekalipun, namun Anda harus memiliki minimal Smartphone saja. Bisnis dropship adalah salah satu bisnis online produk fisik yang paling digemari, selain tidak membutuhkan stok produk, karyawan, dan tidak membutuhkan modal yang besar. Yang Anda lakukan hanyalah dengan mempromosikan produk tersebut di internet atau sosial media. Untuk produk non fisik, Anda bisa memulai bisnis online melalui affiliate marketing atau menjualkan produk digital orang lain dan jika berhasil terjual Anda pun akan menerima komisi penjualan.

Bisnis Warung Kopi

Anda pun bisa mencermati banyak anak muda yang berkecimpung dalam bisnis warung kopi. Memang sebagian besar anak muda di tanah air ini sangat menggemari minuman kopi, biasanya mereka memanfaatkan lokasi untuk meeting point atau tempat berkumpul entah untuk curhat, sharing dan sebagainya. Warung kopi pun dikemas sedemikian rupa agar anak muda tertarik untuk mengunjungi warung tersebut. Pengemasan tersebut menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan bisnis ini. Anda pun bisa berkreasi dan inovasi dalam penyajian. Sudah bukan rahasia lagi bahwa sekarang sedang tren di kalangan anak muda adalah meracik kopi sendiri. Dan ada profesi yang membutuhka skill atau keahlian khusus dalam meramu sebuah minuman kopi yang nikmat.

Developer Game

Salah satu bisnis anak muda saat ini yang sedang naik daun adalah penjualan games yang berupa perangkat lunak (software). Larisnya perangkat smartphone baik yang berbasis OS Androis maupun IOS telah ikut membantu bermunculannya developer game tanah air. Kemudahan dalam download dan memasang game tersebut di perangkat smartpone juga menjadi pemicu bisnis game ini makin cerah ke depan. Game-game hasil kreasi anak muda Indonesia ini banyak menghiasi Google Playstore dan App Store. Mereka bisa mendapatkan penghasilan dari iklan yang tertanam dalam game tersebut maupun dengan menjual game tersebut secara online.