Bagaimanakah tips marketing di Instagram?

Salah satu sosial media yang sedang digandrungi semua kalangan baik muda maupun tua, laki-laki dan perempuan adalah instagram.   Pada awalnya, instagram merupakan aplikasi mobile untuk berbagi foto atau video ke publik atau privat dengan menggunakan platform social networking seperti yang digunakan pada twitter, facebook, tumblr ataupun flickr. Instagram diciptakan oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger, pertama kali diperkenalkan pada Oktober 2010 sebagai aplikasi mobile gratis untuk smartphone berbasis sistem operasi IOS dan 2 tahun setelahnya dihadirkan untuk smartphone berbasis sistem operasi Android. Hanya dalam waktu 2 tahun, aplikasi instagram ini telah digunakan lebih dari 100 juta pengguna aktif dan terus bertambah menjadi 300 juta pengguna aktif pada Desember 2014. Pertumbuhan pengguna aktif yang sangat signifikan ini membuat facebook kepincut untuk mengakuisisinya pada April 2012 dengan nilai US$ 1 Milyar.

Aktifnya pengguna instagram dalam melakukan aktivitas baik melakukan upload, membagikan, berkomentar atau sekedar menyukai sebuah postingan membuat instagram banyak dilirik pelaku bisnis untuk menjajakan barang dagangannya. Penggunaan hashtag yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2011, ternyata dapat digunakan untuk menemukan gambar atau menemukan posting yang satu tema. Awalnya penggunaan hashtag tidak terlalu spesifik, namun saat ini masing-masing pengguna telah menyadari bahwa dengan memberikan hashtag yang spesifik akan lebih banyak membantu pengguna dalam menemukan posting yang diinginkan. Sehingga interaksinya dengan pengguna lainnya jauh lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan hashtag yang generik.

Memanfaatkan Instagram Untuk Marketing

Uniknya, aplikasi instagram ini hanya bisa digunakan optimal jika menggunakan smartphone baik itu yang berbasis Android maupun IOS, meskipun banyak beredar aplikasi-aplikasi pihak ketiga yang bisa digunakan seperti smartphone pada umumnya. Artinya pengguna instagram ini merupakan pasar potensial dan tidak terlalu sensitif terhadap harga. Di Indonesia, hampir 90% pengguna aktif instagram pemilik online shop memanfaatkan sosial media ini untuk berjualan produk atau jasa. Meskipun terlihat mudah dalam memasarkan produk melalui instagram, tetap saja Anda perlu mengetahui dengan detail strateginya.

Bagaimana melakukan optimasi Instagram untuk bisnis online?

Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan optimasi instagram untuk bisnis online Anda.

1.  Pemilihan kualitas gambar atau video yang menarik

Dikarenakan instagram adalah sosial media yang lebih mengedepankan gambar atau video, maka salah satu optimasi yang harus dilakukan adalah pemilihan gambar yang jernih dengan kualitas terbaik (min 800px x 800px) dan memberikan efek penasaran atau rasa ingin tahu atau eye catching atau fashionable sehingga membuat pengguna lainnya tertarik dan melakukan interaksi dengan akun Anda. Semakin banyak interaksi terhadap sebuah posting, semakin memudahkan posting tersebut menjadi viral. Dengan terjadinya viral tentunya akan membantu memperluas jangkauan potensi pasar produk Anda.

cara-promosi-online-shop-di-instagram

Pada contoh postingan diatas terlihat jelas, bahwa pemilik akun benar-benar memperhatikan kualitas gambar, kejernihan gambar dan keterangan singkat tentang kukuatan produk dalam gambar. Perhatikan pula, latar belakang warna yang dipilih adalah hitam, agar produk sepatu berwarna coklat muda tersebut terlihat sangat menonjol. Dengan menambahkan kata New Arrival membuat pengguna instagram lainnya penasaran dan melakukan interaksi. Dalam update instagram terbaru, Anda bisa memasukkan lebih dari 1 gambar dalam sebuah postingan, sehingga nampak seperti pada contoh diatas. Untuk melihat koleksi warna sepatu yang lainnya, Anda tinggal geser gambar ke kanan saja.

2.  Lakukan posting di instagram secara rutin

Pertanyaan yang sering ditanyakan adalah seberapa sering kita melakukan upload foto atau video ke dalam instagram? Tidak ada panduan yang berani memberikan garansi sukses akan hal ini, namun paling tidak Anda dapat melakukan update postingan minimal setiap hari apalagi jika akun Anda masih baru. Dalam sehari berapa banyak postingan yang seharusnya diupdate juga tidak ada aturan yang baku. Jika kebetulan Anda memiliki varian produk yang cukup banyak seperti produk fashion, tentunya Anda bisa melakukan update secara periodik per harinya dengan mengatur waktu update pada jam-jam tertentu. Kadangkala akun instagram terutama yang masih baru membutuhkan endorsement agar suatu postingan bisa menjadi top of mind di kalangan pengguna instagram lainnya. Endorsement dapat dilakukan melalui postingan yang menarik maupun dengan menggaet artis atau selebriti. Jika dana Anda terbatas, tentunya pilihan pertama menjadi salah satu alternatif yang harus dipilih. Selain posting produk, sebaiknya Anda selingi dengan postingan diluar produk namun masih satu tema dengan produk yang Anda jual. Jika Anda kebetulan menjual produk sepatu, selingi postingan Anda dengan memberikan tips merawat sepatu yang benar, Anda boleh postingkan gambar atau video malahan lebih baik.

3.  Jangan sepelekan pemakaian hashtag (#) dalam posting di instagram

Meskipun bukan yang pertama memperkenalkan adanya hashtag, namun akhir-akhir ini hashtag yang digunakan pada deskripsi posting instagram lebih banyak beredar di internet dan banyak dimanfaatkan untuk mengundang follower dan interaksi. Dengan menggunakan hashtag yang tepat, memungkinkan postingan Anda dilihat oleh sesama pemakai hashtag tersebut. Jumlah maksimal pemakaian hashtag yang direkomendasikan adalah sebanyak 20 hashtag. Penggunaan hashtag pun tidak bisa sembarangan, asal bikin sendiri. Karena, dengan penggunaan hashtag sendiri tentunya belum tentu ada pengguna instagram lainnya yang melihat atau memantau postingan Anda, kecuali akun Anda sudah sangat terkenal atau menggunakan hashtag yang sudah umum digunakan.

cara-promosi-jualan-di-instagram

Perhatikan pada contoh penggunaan hashtag pada gambar diatas. Hashtag yang dituliskan pada contoh diatas tidak dibuat sendiri, akan tetapi sudah melakukan survey sebelumnya. Untuk menuliskan hashtag biasanya memanfaatkan situs top-hashtags.com atau websta.me

 4.  Setting profil akun instagram sesuai dengan produk atau jasa yang dijual

Sebagian besar pengguna instagram tidak melakukan setting pada profile akun masing-masing, jika Anda berniat memanfaatkan akun instagram Anda sebagai lapak produk-produk Anda, setting profil adalah salah satu langkah yang harus Anda lakukan.

tips-jualan-online-untuk-pemula

 

Perhatikan pada contoh akun instagram diatas! Foto profil diupload dengan menggunakan logo atau salah satu produk jualan Anda. Jika Anda memiliki website, sudah seharusnya Anda mengisikan bagian website dengan toko online Anda. Pada kolom Bio, isikan dengan deskripsi singkat dan padat mengenai produk atau jasa yang Anda jual. Demikian juga dengan email dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

5.  Pentingnya follower instagram yang tertarget

Jangan pernah meremehkan follower Anda, karena bisa jadi follower Anda inilah ladang uang bagi bisnis Anda. Untuk mendapatkan follower tertarget ada 2 cara atau metode yang bisa diterapkan, yaitu metode gratisan dan berbayar. Metode gratisan tentunya tidak membutuhkan uang sama sekali, akan tetapi membutuhkan keuletan, ketelitian dalam mendapatkannya dan biasanya membutuhkan waktu yang relatif lama. Dalam metode gratisan ini, Anda harus bisa membayangkan siapa calon kustomer dari produk-produk yang nantinya Anda pasarkan. Misalkan Anda menjual produk mainan anak, tentunya Anda harus membidik ayah atau ibu yang berada di rentang umur 25 sampai dengan 40 tahun. Perhatikan kebiasaan akun instagram target, posting apa saja yang disukai dan dikomentari. Jika kebetulan akun tersebut menyukai posting yang masih berhubungan dengan dunia anak-anak, bisa jadi akun tersebut adalah target market Anda. Segera lakukan follow akun tersebut, biasanya akun instagram yang senang melakukan interaksi terhadap suatu postingan akan lebih mudah melakukan follow back terhadap akun-akun yang follow mereka. Lakukan langkah ini seterusnya sehingga follower Anda berisikan akun-akun target dari produk Anda.

Metode kedua adalah dengan memanfaatkan fasilitas yang disediakan di instagram yaitu instagram ads. Sesuai dengan namanya, tentu saja ada dana yang perlu Anda siapkan untuk bisa memasang iklan produk Anda di instagram.

Beruntunglah sekarang ada metode yang sudah teruji keberhasilannya, bahkan yang sudah mempraktekkan ilmu ini mulai bisa pecah telur (mendapatkan penghasilan pertama dari instagram). Bahkan ada 11 teknik atau metode yang diajarkan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan FOLLOWERS di Instagram
  • Tips closing yang AMPUH di Instagram
  • 90 LINK DOWNLOAD tools dan aplikasi optimasi Instagram
  • Trik membuat FOTO MENGGODA di Instagram
  • Cara ENDORSE artis yang tepat
  • Caranya promosi GRATIS & POWERFULL
  • Tips bergabung ke KOMUNITAS untuk optimasi Instagram
  • Menentukan apa yang HARUS DILAKUKAN saat bermain Instagram
  • List online shop, artis, dan akun publik untuk PAID PROMOTE
  • Membuat bio, display picture, hastag yang membuat ORANG INGIN FOLLOW
  • CERITA SUKSES Instapreneur

buku-jago-jualan-di-instagram