Pin It

Pengusaha Sukses Dunia Under 30

Pengusaha Sukses Dunia Under 30 – Jika melihat judul yang ada rasanya akan sulit untuk mempercayainya! Namun, saat ini ternyata telah banyak dihasilkan pengusaha-pengusaha muda tingkat dunia yang berumur kurang dari 30 tahun namun memiliki penghasilan tidak kurang dari US$100 juta. Contoh saja Facebook, yang pendirinya saat ini masuk sebagai jajaran orang terkaya dunia, meski umurnya masih di bawah 40 tahun. Saat ini ada sejumlah pengusaha muda berumur di bawah 30 tahun yang memiliki kekayaan jutaan dolar atau di atas Rp 100 miliar. Saat anda menjadi pengusaha, umur tidak berarti dan hanya sebuah angka saja.

Berikut pengusaha muda dengan harta di atas Rp 100 miliar hingga Rp 1 triliun lebih, seperti dilansir dari CNBC, Rabu (29/7/2015).

Felix Arvid Ulf Kjellberg

CNBC

CNBC

Harta pria ini mencapai US$ 12 juta atau sekitar Rp 156 miliar dari bermain game. Julukan pria ini adalah PewDiePie.
Siapa yang tak suka ngegame? Apalagi jika hobi menyenangkan itu juga bisa jadi lumbung pendapatan. Nah, gamer bernama PewDiePie ini lebih ‘gila’ lagi, lewat ngegame.

PewDiePie memang bukan gamer sembarangan. Di YouTube, pria asal Swedia yang bernama asli Felix Kjellberg itu adalah seorang selebritis dengan jumlah subscriber di chanel YouTube-nya mencapai 37,7 juta orang. Alhasil, puluhan juta subscriber itu merupakan aset yang bisa dimonetisasi oleh PewDiePie sampai akhirnya bisa memuluskan pundi-pundi uang ke kantong pria berumur 24 tahun itu.

Brian Wong

CNBC

CNBC

Pria ini mencatatkan harta US$ 15 juta, atau sekitar Rp 195 miliar. Brian mendirikan perusahaan teknologi bernama Kiip dan mendapat modal US$ 4 juta dari Hummer Winblad Venture Partners.

Kiip adalah perusahaan startup yang memberikan layanan mobile ads lewat mobile game berbasis di Amerika Serikat. Berbeda dengan mobile ads lainnya, lewat mobile game yang masuk dalam jaringannya, iklan Kiip tampil ketika pemain menyelesaikan permainan dengan mencapai poin tertentu. Menariknya, konsep iklannya bukan dalam bentuk banner seperti pada umumnya, namun tampil dengan penawaran reward langsung yang disponsori oleh brand tertentu.

Brian mendirikan perusahaan ini di umur 19 tahun, setelah dia lulus kuliah. Sekarang umurnya sudah 24 tahun, dan namanya sudah dikenal di kancah bisnis dunia.

Ide pembuatan Kiip didapat Brian pada saat naik pesawat terbang, dan melihat orang di sekelilingnya sibuk bermain games di telepon selularnya.

“Saya rasa kami adalah generasi yang beruntung. Masuk akal buat saya, pada saat kita tumbuh, kita menemukan start-ups baru. Tak ada yang tak mungkin,” jelas Brian.

Nick D’Aloisio

Kekayaan Nick disebut mencapai US$ 23 juta, atau sekitar Rp 299 miliar. Pada saat umurnya 17 tahun, pria ini menjual aplikasi berita di telepon selular bernama Summly ke Yahoo. Nilai penjualan US$ 30 miliar. Program ini dibuatnya di London saat berusia 15 tahun.

Umur Nick saat ini 19 tahun, dan memiliki perusahaan teknologi sendiri yang misinya adalah memberikan teknologi untuk kebutuhan hidup masyarakat.

Palmer Luckey

Nilai kekayaan Palmer mencapai US$ 500 juta atau sekitar Rp 6,5 triliun. Pria 22 tahun ini mendirikan Oculus VR, perusahaan yang fokus pada pengembangan teknologi virtual reality. Ini didirikannya pada saat umur 19 tahun.

Penemuan Palmer ini mendapat pujian dari pendiri Facebook, Mark Zuckerberg. Setelah pujian dilontarkan, Facebook langsung mengumumkan pembelian Oculus VR senilai US$ 2 miliar atau sekitar Rp 26 triliun. Pria yang sekarang berumur 22 tahun ini, mengembangkan teknologi game terbaru.

Evan Spiegel

CNBC

CNBC

Pria berumur 25 tahun ini jadi anak muda terkaya dunia dengan harta US$ 1,5 miliar, atau sekitar Rp 19,5 triliun. Evan Spiegel adalah CEO Snapchat, sebuah aplikasi pesan foto yang didirikan bersama temannya, Bobby Murphy di 2011. Pendirian aplikasi ini dimulai saat Spiegel menjalani kuliah desain produk di Stanford University pada 2011 lalu. Di kampus, Spiegel bertemu dengan Murphy yang 2 tahun di atas dia.

Dari pertemuan ini, keduanya mengembangkan sebuah aplikasi, yang bisa digunakan untuk mengirim pesan foto lewat telepon pintar, yang awalnya bernama Picaboo.

Kemudian, Picaboo berganti nama menjadi Snapchat dan sekarang digunakan oleh lebih dari 100 juta orang secara gratis. Di akhir 2013, Spiegel yang kini umurnya 24 tahun, menolak tawaran dari Facebook senilai US$ 3 miliar untuk pembelian Snapchat.

%d bloggers like this: