Pin It

Peluang Usaha Untuk Mahasiswa Farmasi

peluang usaha untuk mahasiswa farmasi

Peluang Usaha Untuk Mahasiswa Farmasi – Siapa tidak mengenal industri farmasi? Industri yang berkaitan erat dengan obat-obatan tersebut kini tumbuh pesat seiring dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Tidaklah mengherankan jika banyak dari orang tua yang menyekolahkan putra-putrinya ke sekolah farmasi atau mengambil jurusan ilmu farmasi di Universitas. Dalam pemikiran mereka hanya satu, yaitu kemudahan putra-putrinya kelak dalam mencari lowongan kerja bidang farmasi. Bahkan mungkin sedikit diantara orang tua yang menginginkan anaknya untuk berwirausaha di bidang farmasi.

Didukung dengan disiplin ilmu yang dimiliki seorang mahasiswa jurusan Farmasi, seharusnya lulusan sarjana Farmasi memiliki visi dan misi yang besar untuk memajukan industri farmasi di tanah air, dengan mengembangkan keilmuannya di bidang Farmasi. Sayangnya, hal ini sangat langka didapati lulusan sarjana farmasi di Indonesia. Lulusan sarjana yang mencoba peluang usaha kebanyakan terjun dengan membuka apotek atau membuka terapi kecantikan. Sangat sedikit diantara para lulusan sarjana farmasi yang membuka usaha dari pengembangan ilmu kefarmasiannya, seperti mengembangkan obat-obatan sendiri, menemukan krem untuk kecantikan dan sebagainya.

Berikut ini adalah kisah dari seorang perempuan bernama Gita Adinda Nasution asal Medan yang berhasil menciptakan peluang usaha untuk mahasiswa farmasi dan sukses meraih penghargaan dari Wirausaha Muda Mandiri. Menciptakan obat alternatif untuk penyakit diabetes merupakan langkah awal dari beberapa kesuksesan yang pernah ia raih. Awal mula dari kisah suksesnya adalah ketika ayahandanya yang divonis dokter mengidap diabetes dan sejak lama pula belum sembuh juga penyakitnya. Gita termotivasi untuk mencari obat alternatif agar ayandanya cepat sembuh. Ketika itu, dia masih sangat belia dan masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Baginya saat itu sangatlah sulit untuk mendapatkan literatur guna meracik obat alternatif tersebut. Baru setelah Gita memasuki bangku SMP, dia dapatkan formula dari ramuan obat alternatif untuk diabetes. Tanpa lelah,  Gita melakukan sejumlah penelitian guna mendapatkan ramuan obat herbal yang tepat untuk mengobati penyakit diabetes. Penelitian tersebut pada akhirnya mendapatkan hasil yang optimis dan mulai digunakan sebagai pengobatan alternatif diabetes yang diderita oleh ayahnya. Hasilnya setelah 1,5 tahun secara rutin menggunakan obat herbal temuannya tersebut, penyakit diabetes dinyatakan sembuh total.

Kabar sembuhnya sang ayah tersebut, rupanya dengan cepat tersebar luas di masyarakat sekitar Medan. Ramuan obat yang diberi nama Kolagit ini dengan cepat mendapatkan pesanan dari sejumlah rekan, kerabat maupun saudara sang Ayah. Semakin banyaknya orang yang cocok dan menggunakan obat herbal tersebut membuat Gita memutuskan untuk memproduksi obat herbal tersebut dengan skala yang lebih besar. Dan jangan heran apabila omset tahunan yang berhasil dibukukan Gita pada tahun 2014 saja mencapai Rp. 1,2 Milyar. Hal ini pula yang menyebabkan Gita menggondol salah satu gelar dalam acara Wirausaha Muda Mandiri tahun 2014.

 

%d bloggers like this: