Peluang Usaha Ternak Hamster – Siapa tidak mengenal binatang hamster? Binatang yang satu spesies dengan tikus ini sangat populer akhir-akhir ini. Hampir setiap penyayang binatang memilikinya untuk dipelihara di rumah. Tidaklah mengherankan jika budidaya ternak hamster cukup bagus karena hamster adalah binatang lucu dan berbentuk kecil jadi mudah dalam pemeliharaan. Pasar untuk hamster juga terbuka luas dari mulai anak-anak sampai orang dewasa.

Mendapatkan peluang usaha ternak hamster ini sebenarnya sangat mudah, cara termudah adalah dengan membeli sepasang hamster yang sudah siap beranak untuk diternakan. Satukan hamster tersebut dalam satu kandang maka beberapa hari kemudian hamster akan hamil dan kemudian melahirkan anak. Tapi ada satu kebiasaan buruk dari induk jantan hamster ini yaitu ketika dia stress kadang suka memakan anaknya sendiri yang masih bayi.

Sebaiknya ketika hamster telah lahir maka pejantan harus dipisahkan ke kandang yang lain agar bayi hamster selamat dan bisa menyusu kepada ibunya dengan tenang. Untuk memelihara usaha ternak hamster agar tumbuh besar dan bisa menghasilkan anak maka harus diperhatikan hal-hal dibawah ini:

  • Jagalah kandang supaya selalu dalam keadaan bersih dan kering. Untuk menjaga kekeringan dan kebersihan kandang, gunakanlah pasir atau serpihan kayu agar air menyerap kebawah sehingga bulu hamster tetap dalam keadaan kering dan bersih.
  • Alas yang terdiri dari pasir atau serpihan kayu harus diganti sekurang-kurang 2 minggu sekali.
  • Beri makanan dan minuman yang cukup. Untuk minuman jangan diberikan air karena akan menimbulkan basah dan mati, maka sebagai gantinya berilah toge yang masih segar pada pagi dan sore hari.

Jika makanan di kandang habis, baru masukan kembali makanan yang baru supaya makanan selalu segar dan kebersihan kandang dapat terjaga.

Peluang usaha ternak hamster ini sebetulnya belum banyak yang membudidayakan dan pemasaranya juga masih sangat terbatas melalui toko pets. Anda masih memiliki banyak kesempatan dan peluang yang sangat luas, karena usaha ini merupakan bisnis yang potensial.