Peluang Usaha Sop Buah – Pada bulan ramadhan yang penuh hikmah ini, ternya memberikan banyak keuntungan bagi para pedagang sup buah. Minuman yang menyegarkan ini banyak di buru konsumen yang hendak akan melakukan buka puasa sebagai makanan pembuka atau takjil.

Dari pantauan kami, saat hari menjelang sore para pedagang sop buah sudah sibuk melakukan berbagai persiapan untuk melayani konsumen. Dan sekitar satu jam lagi menjelang berbuka puasa, pembeli pun ramai mengerumuni pedagang, mereka rela antri demi mendapatkan minuman tersebut, bahkan tidak jarang ada pembeli yang tidak beruntung karena kehabisan sop buah yang di jajakan.

Pemandangan seperti ini hanya terjadi dalam bulan puasa saja, pada bulan-bulan biasa meski ada pedagang sop buah namun pembelinya tidak sepadat di bulan ini, begitu pula untuk makanan takjil lainnya. Mungkin rasa dari sop buah yang menyegarkan bisa menjadi pelepas dahaga yang efektif setelah seharian berpuasa.

Jika kita perhatikan, bahan-bahan yang di gunakan untuk membuat sop buah ini sangatlah sederhana dibandingkan dengan menu takjil ramadhan lainnya. Sesuai namanya sop buah, maka isinya adalah aneka buah dengan di beri kuah manis dan dingin. penyajian nya pun sangat sederhana dan tidak begitu memerlukan keterampilan khusus untuk dapat menjalankan usaha ini, aneka buah hanya di potong kecil-kecil, lalu di taburi es serut dan terahir di lumuri oleh susu kental.

berjualan sop buah

Melihat hal itu, sepertinya siapa saja dapat dengan mudah menjalankan usaha berjualan sop buah ini. Akan tetapi bagaimana dengan keuntungan yang bisa di dapat ? apakah sederhana juga (baca : kecil) atau sebaliknya. Jika begitu mari kita analisa bersama mengenai perhitungan keuntungan usaha sop buah ini :

Analisa Usaha

Taruhlah harga sop buah pada bulan puasa ini berharga rata-rata 8000 per porsinya. Agar memudahkan perhitungan, misalnya dalam satu porsi terdapat lima macam buah, harga dari setiap buah tersebut perkilonya misalnya saja 15.000/ kg . Jadi jika pedagang tersebut misalnya saja menyediakan stok jualannya 1 kg untuk setiap buah, dikalikan dengan 5 macam buah, maka sebagai modal membelinya menjadi Rp. 75.000 ( 5 Kg ).

Jika 5 kg buah tersebut di bagi untuk menjadi 20 porsi sop buah, maka masing-masing porsi akan mendapatkan 250 gram aneka buah (5 kg atau 5000 gram : 20 porsi), itu sudah lebih dari cukup untuk ukuran porsi sop buah. Dengan begitu 20 porsi di kalikan 8000 rupiah hasilnya adalah 160.000 ribu.

Bagaimana ? dua kali lipat lebih kan keuntungannya…cukup menggiurkan. tapi itu belum dipotong biaya untuk es serut, susu, serta kemasan. Jika saja dalam satu hari berhasil menjual ratusan porsi sop buah, silahkan hitung sendiri keuntungan yang bisa didapatkan.

Tentunya dengan melihat analisa di atas berjualan sop buah ini termasuk sebuah peluang usaha yang menguntungkan di bulan ramdhan ini, namun sifatnya hanya sebagai usaha musiman, dikarenakan ramainya sebab sangat cocok dijadikan menu takjil ramadhan saja. Ada pun di bulan biasa, akan ada pembelinya, namun pasti akan jauh lebih sedikit.

Akan tetapi bulan ramadhan yang masih cukup panjang ini, masih bisa kita manfaatkan dengan baik untuk menjadikannya sebuah usaha sampingan yang lumayan, terlebih lagi waktu yang di perlukan untuk menjalankannya juga hanya beberapa jam saja.

Baca artikel peluang usaha yang lain :

  1.   Peluang Usaha Bagi Mahasiswa
  2.   Tips Mencari Peluang Usaha Yang Menguntungkan
  3.   Peluang Usaha Kursus Bahasa Inggris
  4.   Peluang Bisnis Undangan Pernikahan Unik
  5.   Peluang Bisnis Waralaba Makanan Yang Menjanjikan