Apakah ada peluang usaha sampingan mahasiswa yang kira-kira mudah..? Kalau yang mudah mungkin sulit, tapi empat di bawah ini tentunya layak untuk dipertimbangkan.

Merintis bimbel

Dunia edukasi tentunya dekat dengan para mahasiswa. Dan merintis bimbingan belajar, baik dilakukan sendiri maupun dengan teman-teman mahasiswa yang lainnya, tentunya bisa jadi aktifitas yang menarik serta membawa banyak manfaat. Apa lagi banyak anak lebih suka mendapat bimbingan belajar dari pengajar yang masih muda. Bimbingan untuk mapel seperti matematika, dan bahasa inggris, sangat dibutuhkan oleh anak-anak, dan inilah saat yang tepat untuk terjun di masyarakat lebih awal.

Terjun di dagang

Dagang bisa jadi segmen usaha yang cukup menarik untuk digeluti oleh para mahasiswa yang ingin belajar usaha mandiri, atau ingin lebih dini terjun di bisnis. Namun sayangnya tak mudah untuk menentukan jenis usaha dagang yang bisa cocok engan karakter masing-masing mahasiswa. Sebenarnya solusinya cukup mudah untuk memecahkannya.

Yakni, jenis usaha dagang bisa ditentukan berdasarkan minat masing-masing mahasiswa. Ragam usaha dagang bisa menngacu pada beberapa jenis bidang usaha, mulai dari makanan, pakaian, pernak-pernik, otomotif, jasa dan masih banyak lagi. Para mahasiswa tentu punya minatnya masing-masing, dan banyak sekali media dagang yang bisa dipilih, baik lewat sewa tempat maupun usaha di rumah, maupun jenis usaha yang mungkin bisa dijalankan di rumah kos. Ini semua tergantung dari semangat masing-masing.

Kelola fotocopy & pengetikan

Ini bisa jadi aktifitas usaha yang tak jauh dari pada pebutuhan mahasiswa itu sendiri, yakni foto copy, jasa pengetikan dan print out data. Mengelola usaha foto copy, tentunya sangat mungkin dijalankan oleh mahasiswa sebagai usaha sampingan. Apa lagi bila dijalankan dilokasi strategis seperti di pinggir jalan utama kota, atau lebih strategis lagi di areal kampus atau dekat sekolahan.

Kebutuhan akan penggandaan data atau copy data di masyarakat kita, tentu merupakan kebutuhan penting. Orang umum, anak sekolah dan bagi mahasiswa sendiri, tentu sangat membutuhkan jasa foto copy. Dan bagi mahasiswa yang menginginkan usaha sampingan, ini tentu sangat cocok untuk dipilih. Apalagi mahasiswa biasanya memiliki banyak teman di kampus, sehingga cukup mudah untuk menciptakan pasar atau memikat pelanggan dari kalangan sendiri. Jasa yang ditawarkan, tentu tak hanya foto copy saja, bisa melayani pengetikan data, jualan ATK dan lain-lain.

Mahasiswa yang umumnya masih muda, tentu cukup energik bila menjalankan usaha yang satu ini. Tentu untuk menjalankannya, tak harus sendirian, atau bisa mengajak rekan mahasiswa untuk dipekerjakan dengan sistem sift. Hanya saja untuk usaha yang satu ini, modalnya cukup tinggi yakni bisa mencapai 20 juta lebih.

Di internet juga bisa

Di internet sendiri juga menyimpan segudang potensi untuk merintis usaha mandiri. Mulai dari usaha toko online, coba-coba untuk dropship, maupun ragam bisnis online yang gratisan hingga berbayar. Dunia online umumnya sangat akrab bagi mahasiswa, dan ranah bisnisnya juga layak untuk dicoba.