Pin It

Peluang Usaha Makanan Khas Daerah

makanan-khas-daerah-yogyakarta

Menimbang peluang usaha makanan khas daerah di masa mendatang

Dengan luas wilayah nusantara yang sebagian besar berupa wilayah kepulauan, ternyata berdampak pula pada aneka masakan atau kuliner khas daerah yang sangat kaya dan beragam. Makanan khas daerah ini pula yang menjadikan salah satu pemicu terjadinya peningkatan arus wisatawan domestik di Indonesia. Berbagai daerah yang menjadi tujuan wisata biasanya juga menyiapkan makanan khas daerah masing-masing. Adanya hukum permintaan dan persediaan (supply and demand) membuat makanan khas daerah menjadi salah satu peluang usaha yang menarik sepanjang masa. Pada umumnya, ada 2 jenis peluang usaha makanan khas daerah yaitu makanan ringan atau oleh-oleh dan kuliner khas daerah.

Hampir semua daerah yang memiliki tujuan wisata menyuguhkan makanan khas daerah, kota Yogyakarta terdapat gudeg, bakpia dan geplak, sementara itu kota Semarang terdapat oleh-oleh yang terkenal yaitu lumpia. Kedua jenis peluang usaha makanan khas daerah tersebut memiliki prospek yang bagus, asalkan digarap dengan serius dan berkelanjutan. Namun, dewasa ini juga tidak sedikit diantara para pengusaha makanan daerah tersebut yang berusaha memperkenalkan kuliner khas daerah tersebut ke daerah lain. Sebut saja seperti nasi pecel madiun yang ternyata juga banyak dijumpai di kota-kota besar selain di kota aslinya, seperti Surabaya, Semarang dan Jakarta. Fenomena seperti ini juga membuat peluang usaha tersebut tumbuh dan terus berkembang.

Memanfaatkan era media sosial untuk mendorong tumbuhnya peluang usaha makanan khas daerah

Tidak dapat dipungkiri bahwa hadirnya media sosial turut serta membantu perkembangan usaha skala kecil menengah untuk tumbuh berkembang menjadi sebuah industri. Banyaknya pengguna media sosial yang puas dengan rasa, kemasan ataupun layanan ketika membeli oleh-oleh makanan khas daerah biasanya mengabadikan momen tersebut dan diupload di media sosial tanpa ada paksaan atau permintaan dari pihak pemilik usaha makanan khas daerah. Marketing secara getok tular pun atau biasa disebut viral ini menggejala. Marketing seperti ini jauh lebih efektif dibandingkan dengan jenis promo lainnya. Sebab testimoni yang disampaikan oleh orang lain akan memberikan kesan yang natural dan tidak dibuat-buat.

oleh-oleh-khas-daerah-di-indonesia

Pada gambar diatas dicontohkan bagaimana pemilik produk lumpia juga memanfaatkan kekuatan media sosial instagram. Sepintas jika pengguna instagram lainnya yang belum pernah mencoba makanan lumpia memperhatikan gambar, apa yang kira-kira terlintas dalam benak pikirannya?  Lezat dan wajib mencobanya, betul?

Dengan metode pemasaran seperti inilah yang memungkinkan produk-produk makanan khas daerah bisa dikenal luas di masyarakat tanah air bahkan ke manca negara.

makanan khas daerah bandung

Adakah yang mengenal makanan khas Bandung yang bernama Seblak ini sebelumnya?

Akhir-akhir ini, nama makanan seblak mendadak menjadi terkenal dengan banyak pengguna sosial media melakukan share gambar seblak, ada juga yang sengaja upload ke youtube. Dengan banyaknya orang yang membicarakan seblak, membuat banyak penasaran bagi yang belum pernah mencobanya. Bahkan, kini makanan seblak tidak saja bisa Anda dapatkan di daerah asalnya di Bandung, melainkan juga bisa Anda temukan salah satunya di kota Malang Jawa Timur. Dengan sentuhan sedikit inovasi, makanan seblak bahkan bisa dibuat semacam makanan siap saji (instan), sehingga bisa dikemas dalam kemasan siap saji. Hanya membutuhkan air panas saja untuk menyajikannya, persis seperti Anda menyajikan mie instan yang menggunakan kemasan cup Styrofoam.

Apa kunci sukses mengembangkan usaha khas daerah?

Berikut ini adalah beberapa tips sukses dalam mengembangkan usaha khas daerah.

1.   Menjaga kualitas rasa

Memiliki usaha kuliner ataupun pusat oleh-oleh khas daerah memiliki tantangan untuk tetap menjaga kualitas kenikmatan dan rasa, jika makanan tersebut cocok di lidah, maka akan mudah pula dalam memasarkan makanan tersebut. Dan sebaliknya, apabila kualitas rasa tersebut tidak dapat terjaga dengan baik maka pelanggan pun akan segera berpindah ke lain hati. Untuk itu, perlu dibuatkan SOP (standard operational procedure) agar kenikmatan rasa tersebut dapat terjaga. Karena, banyak diantara para pengusaha kuliner tersebut mengabaikan SOP atau kadang menyimpan resep tersebut agar tidak diketahui oleh karyawannya sendiri.

2.  Lokasi yang strategis

Memiliki lokasi yang strategis jelas memiliki poin tersendiri dalam menjajakan kuliner khas daerah. Lokasi yang dekat dengan pusat kota, tentunya akan memudahkan dalam memperoleh penghasilan yang lebih baik ketimbang lokasi yang jauh dari pusat kota. Perlu diperhatikan juga, bagaimana pelanggan yang berasal dari kota lain bisa menuju lokasi tersebut. Selain itu, memiliki halaman parkir yang luas juga berpengaruh terhadap kelangsungan usaha tersebut.

3.  Tempat berjualan yang hiegien

Tempat berjualan yang terlihat sehat, bersih akan memberikan kesan bahwa pemilik usaha tersebut juga memikirkan faktor kesehatan. Pisahkan antara tempat untuk mencuci piring dengan tempat makan pelanggan, jangan sampai tempat cucian terlihat oleh pelanggan. Demikian juga dengan tempat memasaknya, usahakan untuk tidak terlihat oleh pelanggan.

4.  Penyajian yang baik dan ramah

Pelanggan akan sangat menyukai tempat kuliner yang menyajikan makananya dengan baik dan ramah. Keramahan dalam pelayanan ini akan sangat memberi kesan tersendiri bagi pelanggan. Dengan pelayanan yang ramah akan membuat pelanggan betah dan menikmati masakan yang disajikan.

5.  Menerima saran dan kritik pelanggan

Kebanyakan pemilik usaha makanan mengabaikan hal ini, karena bisa jadi mereka terlalu pede mengenai masakannya. Padahal belum tentu apa yang dirasakannya sama dengan yang dirasakan oleh pelanggan. Untuk itu, dibutuhkan saran dan kritik yang membangun dari pelanggan setia Anda.

6.  Berikan kartu berlangganan

Dahulu kita mengenal sebagai kupon berlangganan, namun seiring dengan perkembangan jaman ternyata kebutuhan akan kartu pelanggan dibutuhkan juga walaupun produk Anda hanyalah produk oleh-oleh. Kesan keren dan sebagai kartu diskon akan menambah kesan pelanggan Anda makin menyukai produk-produk Anda.

7.  Kemasan yang menarik

Kemasan menarik ternyata mampu mendongkrak citra produk dan memberikan kesan bahwa proses produksi yang dilakukan sempurna, apalagi jika ditambahkan adanya ijin dari BPOM atau Halal MUI. Tentunya akan membuat produk Anda semakin melesat.

Peluang Usaha Makanan Khas Daerah

%d bloggers like this: