Anak muda biasanya memiliki impian untuk menjadi seorang pengusaha sukses, gejolak jiwa muda yang seringkali memacu seseorang untuk bisa sukses di usia muda, namun tidak semua impian sukses bisa berakhir dengan cerita kesuksesan dan ironisnya bisa jadi sebaliknya. Untuk itu, memang dibutuhkan mindset yang benar dalam merajut sebuah mimpi kesuksesan.

Dengan mindset yang benar dalam berusaha, impian tidak hanya sekedar menjadi impian tapi bisa benar-benar diwujudkan. Impian yang hanya sekedar impian hanya mewujudkan sebuah angan-angan panjang yang tidak berujung.

Nadiem-Makarim

Berikut ini adalah beberapa mindset yang harus dimiliki oleh seorang calon usahawan untuk menggapai impian kesuksesan.

  1.          Kerjakan sekarang juga tanpa menunda

Memiliki ide brilian dalam memulai sebuah usaha, namun tidak segera melakukan eksekusi terhadap ide tersebut atau dengan kata lain menundanya akan membuat kesempatan sukses yang Anda miliki akan hilang. Dengan segera memulainya, Anda akan mengetahui progressnya dan dengan mengetahui progress usaha Anda, maka Anda dapat mempelajari bagaimana usaha tersebut dipertahankan dan dikembangkan ke depannya.

  1. Waktu adalah kesempatan

Seorang yang sukses memiliki kecenderungan untuk melihat waktu sebagai kesempatan, mereka yang sukses rela menghabiskan waktunya untuk berkarya dan berkreasi. Jelas harga sebuah waktu untuk menghasilkan karya dan kreasi yang luar biasa melebihi daripada sejumlah uang yang didapatkan.

  1. Disiplin waktu

Salah satu mindset kunci sebuah kesuksesan usaha adalah pentingnya terhadap manajemen waktu, disini kedisplinan sangatlah diperlukan.  Entah itu, dalam mengerjakan projek, janjian dengan kolega atau hanya sekedar istirahat pelepas penat pun harus berpedoman dengan waktu yang sudah direncanakan. Dengan menjalankan disiplin waktu, Anda akan dikenal memiliki reputasi yang baik di mata kolega Anda, sekaligus Anda mendidik diri untuk selalu mengikuti rencana yang sudah ditetapkan.

  1. Berani mencoba

Tidak hanya sekedar melakukan riset, analisa terhadap suatu usaha, Anda diharuskan untuk berani mencoba sebuah ide yang sudah Anda pikirkan dengan matang. Keberanian dalam mencoba atau mengekseksusi sebuah ide usaha merupakan langkah awal dalam menuju kesuksesan. Dengan berani melakukan eksekusi berarti Anda juga akan banyak belajar dari proses bisnis yang sedang Anda jalankan, sekaligus sebagai pengalaman yang sangat berharga.

  1. Kegagalan bukan akhir dari segalanya

Seorang pemenang tidak boleh takut akan kegagalan, sebaliknya pecudang akan takut sebelum berperang. Bahwa kegagalan itu selalu dihindari oleh orang-orang yang sedang mengawali sebuah usaha, namun jika pada akhirnya Anda pun mengalami kegagalan. Kegagalan itu bukanlah akhir dari semua proses, namun merupakan sebuah proses pembelajaran yang sangat luar biasa untuk bisa memperbaiki dan belajar dari kegagalan tersebut. Tengok saja beberapa kisah sukses pengusaha yang sudah mengalami kesuksesan saat ini, apakah jalan atau proses dalam menjalankan usaha selalu mulus dan tidak pernah gagal? Ternyata, hampir semua pengusaha sukses pun pernah gagal! Hanya saja, mereka cepat bangkit dan menjalankan kembali roda bisnisnya. Sehingga, untuk menjadi sukses dibutuhkan mental yang tahan banting.

  1. Buatlah sebuah progress

Sebagai seorang pengusaha pemula, sudah menjadi kewajiban bagi Anda untuk senantiasa memperbarui ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan bisnis, entah itu bagaimana cara mengelola, bagaimana cara memasarkan ataupun melakukan manajemen terhadap karyawan. Dengan memiliki ilmu pengetahuan yang baru, Anda bisa senantiasa melakukan update pengetahuan tersebut untuk usaha Anda agar usaha Anda makin bertumbuh. Dengan adanya tambahan ilmu tersebut, seharusnya Anda sudah bisa melakukan fungsi evaluasi terhadap bidang usaha yang sedang Anda jalankan. Progress atau kemajuan sebuah usaha itu adalah hal yang mutlak untuk Anda perhatikan dari waktu ke waktu.

  1. Berikan lebih dari yang diminta

Sebagai pelanggan bisnis Anda, tentunya dengan memberikan lebih dari apa yang di minta merupakan sebuah pengalaman yang sulit dilupakan oleh pelanggan Anda. Artinya Anda memberikan value lebih kepada pelanggan Anda. Value tersebut bisa jadi pembeda dengan kompetitor bisnis Anda. Apakah Anda rugi dengan memberikan sesuatu yang lebih dari apa yang diminta? Tidak, karena selain Anda sedang membangun sebuah reputasi bisnis, Anda juga sedang memberikan sesuatu yang berbeda kepada pelanggan Anda dan hal ini tentunya yang tidak dimiliki oleh kompetitor bisnis Anda yang sejenis.

  1. Jadilah seorang inovator

Selain menciptakan value yang lebih, Anda juga diharuskan untuk menjadi inovator dalam bisnis tersebut. Tidak harus menciptakan sesuatu yang baru, tetapi dengan membuat sebuah inovasi yang bisa dirasakan manfaatnya oleh banyak orang merupakan sebuah contoh inovator. Seperti misalkan Go Jek, sebetulnya ini adalah konsep Ojek Online yang dikembangkan dan inovasinya adalah kemudahan dalam memesan ojek melalui aplikasi Android. Hal ini yang mungkin belum pernah terpikirkan oleh orang-orang sebelumnya! Online sendiri sering diidentikkan dengan website, jadi pemesanan harus melalui web yang hanya bisa diakses melalui laptop atau PC di rumah atau di kantor. Dengan adanya inovasi melalui sebuah aplikasi Android, akses pemesanan sebuah ojek jadi lebih mudah dan bisa dirasakan manfaatnya oleh banyak orang.