Pin It

Mari Siasati Peluang Usaha Bisnis Tahun 2016

peluang-bisnis-2016

Tahun 2016 sudah tiba, bagi Anda pebisnis baik itu pemula ataupun yang sedang berkembang sebaiknya lebih cerdik dalam memanfaatkan setiap peluang di tahun ini karena kemungkinan bahwa persaingan akan semakin ketat belum lagi MEA juga dimulai pada tahun ini, oleh karena itu bisnis dan usaha Anda sebaiknya lebih kreatif sehingga Anda bisa bersaing dengan cukup baik.

Pada artikel kali ini kami mencoba untuk membahas beberapa strategi dalam menangkap peluang usaha ataupun menjalankan sebuah bisnis yang baru dirintis dari awal. Sebelum itu perlu kami ceritakan bahwa semangat pantang menyerah untuk menangkap setiap kesempatan bisnis yang ada di sekitar kita menjadi sangat penting mengingat kegagalan bisa di sebabkan karena rendahnya semangat untuk berjuang dalam menjalankan bisnis yang sudah di rencanakan sebelumnya. Pernah ada bisnis teman kami yang di mana ketika mencari pendana/founding/investor pernah di tolak sebanyak 30 kali. Namun mereka tidak berhenti di 30 calon investor itu saja dan akhirnya sampa saat ini bisa survive dan jalan dengan cukup baik (sribu.com).Dari cerita rekan kami tersebut bisa diambil kesimpuan bahwa jiwa pantang menyerah dalam membangun sebuah bisnis dan usaha sangat dibutuhkan. Selain itu juga kreatifitas dan mencoba mencari beberapa strategi dalam mensiasati peluang-peluang yang ada menjadi penting. Di bawah ini kami mencoba membahas sedikit tips dalam mensiasati kesempaatan bisnis di tahun 2016 ini diantaranya adalah :

LIHAT BISNIS APA YANG SEDANG TERJADI
Melihat kesempatan usaha atau bisnis yang ada di sekitar kita dengan cara melihat jenis atau macam model bisnis yang sudah ada di dekat kita atau di kota lain yang disesuaikan dengan kondisi di lingkungan yang akan kita pakai dalam membuka usaha. Lihatlah para pelaku usaha yang ada, bagaimana mereka menyajikan produk mereka, bagaimana cara marketing produk mereka, dan bagaimana cara mereka bertahan di tengah persaingan dari usaha sejenis yang ada di sekitar mereka. Semua itu harus bisa kita amati dengan jeli, contohnya ketika di salah satu kota sebut saja Jogja, kenapa di sini sudah ada cafe tapi masih saja bertumbuhan cafe-cafe lainnya? mungkin bisa kita amati bahwa hal ini disebabkan kota Jogja merupakan salah satu kota pelajar yang banyak mahasiswa disini selain para pekerja, jadi cafe merupakan salah satu tempat di mana bamyak orang membutuhkannya di tempat ini, sehingga sebanyak apapun cafenya sepertinya mereka tetap bisa bersaing dalam menjalankan bisnisnya.BISNIS USAHA BERKAITAN KEBUTUHAN POKOK
Nah berkaitan dengan usaha atau bisnis yang menyediakan produk atau jasa yang juga bisa di anggap memenuhi kebutuhan pokok manusia adalah merupakan sebuah kesempatan usaha di tahun 2016 ini. Manfaatkan setiap peluang bisnis apa saja yang menjadi sebuah kebutuhan pokok bagi manusia entah itu makanan/kuliner, fashion, atau jasa yang memang sering dibutuhkan banyak orang. Kami rasa ini menjadi sebuah tips dan strategi dalam memanfaatkan peluang-peluang yang ada di tahun ini.PENDIDIKAN
Jangan lupa, pendidikan menjadi salah satu program utama pemerintah. Ketik akita bisa memanfaatkan momentum ini maka kita bisa saja membangun sebuah bisnis usaha yang berkaitan dengan dunia pendidikan. Jasa atau produk yang berkaitan dengan pendidikan menurut kami merupakan sebuah bisnis yang cukup berpeluang di tahun ini. Misal saja Anda mendirikan sebuah bimbingan belajar khusus anak paud/TK atau SD dimana market dari pendidikan untuk anak anak menjadi peluang yang cukup menarik saat ini.

MARKETING PENTING DALAM BERBISNIS
Dalam berbisnis salah satu hal yang sangat krusial adalah bagaimana cara memasarkan bisnis kita supaya bisa lebih dikenal banyak orang dan juga bagaimana mendapatkan banyak pelanggan atau konsumen yang baru. Strategi marketing/pemasaran dalam berbisnis menjadi sangat penting maka dari itu ciptakanlah cara atau metode yang menarik untuk menjual produk dan bisnis Anda. Berikan nilai tambah yang bisa menarik konsumen dan bisa mengalahkan kompetitor menjadi penting disini.

%d bloggers like this: