Membicarakan produk-produk Sariayu pastilah tidak akan melupakan sosok pendirinya yaitu Dr. Martha Tilaar, beliau merupakan salah satu pengusaha wanita sukses dari Indonesia yang mempunyai beberapa anak perusahaan dibawah holding company PT. Martina Berto. Dilahirkan di sebuah kota di provinsi Jawa Tengah Kebumen pada tanggal 4 September 1937, ini merupakan sosok wanita kuat pekerja keras yang tidak mudah menyerah. Apalagi jika beliau sudah memiliki impian, maka sekuat tenaga impian tersebut harus dapat dicapainya. Namun, dibalik sosoknya yang gigih tersebut, ternyata sewaktu kecil sering bertingkah sepert laki-laki, sehingga ibunya menitipkan anaknya tersebut kepada seseorang yang ahli kecantikan di Yogyakarta. Dari sinilah rupanya Martha banyak belajar tentang seluk beluk kecantikan.

Kisah-Pengusaha-Sukses-Wanita-di-Indonesia-Martha-Tilaar

Kisah kesuksesan Martha Tilaar tidak serta merta dengan mudah diraih, banyak rintangan dan halangan yang harus dihadapinya. Berkat kegigihannya terbukti dengan kesuksesan yang sekarang bisa diraih. Kisahnya dimulai dengan menjadi guru SD, kemudian menyelesaikan pendidikan sebagai Sarjana Pendidikan, beliau mengabdi pada almamaternya selama 3 tahun. Selanjutnya, beliau mengikuti suaminya Dr. Henry A. Rudolf Tilaar yang bertugas di Amerika Serikat. Di sana beliau sempat menimba ilmu kecantikan dan lulus pada tahun 1967. Sekembalinya dari Amerika Serikat, beliau mulai membuka salon kecantikan dengan uang saku hasil tabungan selama berada di Amerika Serikat. Meskipun beliau mendapatkan ilmu kecantikan di Amerika Serikat, namun dalam hati kecilnya ingin mengangkat warisan kecantikan tradisional asli Indonesia.

Berawal dari niat tersebut, beliau berangkat ke Eropa untuk mempelajari berbagai macam ramuan. Beliau mengunjungi pabrik Yves Rocher di Prancis, Mary Quant di Inggris, dan Hartleben di Jerman Barat. Sekembalinya ke Indonesia, setelah 4 tahun kemudian beliau mendirikan yang memperkenalkan perawatan tradisional Martha Griya Salon. Dengan semakin berkembangnya usaha tersebut, didirikanlah pabrik kosmetik PT Sari Ayu, Martha Kosmetika Indonesia, yang kala itu diresmikan oleh Ny. Nelly Adam Malik pada tanggal 22 Desember 1981. Baru berusia 2 tahun, perusahaan tersebut sudah mendapatkan penghargaan tertinggi untuk penampilannya pada The First Asian Beauty Congress and Exhibition, Singapura. Selain penghargaan tersebut Martha sendiri memperoleh Doktor Kehormatan di bidang Fashion Artistry dari The World University Tucson, Arizona, Amerika Serikat pada tahun 1984.

Salah satu prinsip berbagi yang digunakan dalam falsafah perusahaan yang diwujudkan dalam pemberdayaan terutama bagi perempuan. Perusahaan yang memayungi 11 anak perusahaan tersebut telah mempekerjakan 6000 orang karyawan dengan 70% nya adalah perempuan. Bahkan banyak diantara perempuan yang berkarya di perusahaan Martha Tilaar tersebut berkesempatan untuk belajar dan bersekolah lagi untuk mengembangkan diri. Martha juga tak sungkan mengirim peneliti belajar etnobotany ke Perancis dan medical antropology di Leiden, Belanda.