Adalah Achmad Zaky yang lahir pada 24 Agustus 1986 di kota Sragen, Jawa Tengah. Zaky merupakan lulusan teknik informatika dari Institut Teknologi Bandung pada tahun 2004. Saat ini Zaky juga menjadi CEO di Bukalapak.com. Berbeda dengan saat ini, hampir semua orang yang pernah bertransaksi online pasti mengenal dirinya, dulu ketika memulai bukalapak pada tahun 2009 tidak ada yang mengenalnya. Kesuksesan Bukalapak saat ini tidak datang dengan serta merta, banyak tantangan yang harus dihadapinya.

Zaky sendiri menyukai otak atik komputer sejak masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas, bahkan Dia pernah memenangkan ajang olimpiade sains nasional (OSN) bidang Komputer untuk mewakili sekolahnya SMA N 1 Solo. Selepas SMA, Zaky memutuskan untuk melanjutkan study di jurusan Teknik Informatika, Institut Teknologi Bandung pada tahun 2004.

kisah sukses pendiri bukalapak

Saat kuliah pun Zaky banyak menyabet penghargaan karena sering mengikuti kompetisi-kompetisi teknologi informatika tingkat nasional. Zaky pernah menjadi juara II kejuaraan Indosat Wireless Innovation Contest tahun 2007. Ia membuat software (perangkat lunak) MobiSurveyor yang digunakan untuk perhitungan cepat survei pemilihan umum. Achmad  Zaky juga pernah mendapatkan Merit Award pada kompetisi INAICTA (Indonesia ICT Awards) pada tahun 2008.

Prestasinya dalam pendidikan menghantarkannya mendapatkan beasiswa studi ke Oregon State University, beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Amerika Serikat dilaksanakan dalam 2 bulan.

Sejarah BUKALAPAK

Pada awal tahun 2009, Zaky sudah menyelesaikan kuliahnya di ITB. Setelah lulus, ia mencoba melamar ke beberapa perusahaan, namun sayangnya tidak satupun yang mau menerimanya sebagai pegawai. Selama kurang lebih 1 tahun, Zaky menjalankan usaha pembuatan website untuk perusahaan. Di sela waktunya tersebut, dia menemukan gagasan untuk membuat website ecommerce yang menyediakan tempat untuk orang-orang menjalankan usaha dengan tanpa modal, tanpa mengerti bagaimana pemasarannya dan tanpa mengetahui koding dalam membuat website. Bukalapak sendiri dikembangkan mulai tahun 2010 dengan visi visi untuk mengubah hidup banyak orang dengan memajukan UMKM lewat internet. Fase pengembangan sendiri membutuhkan waktu sekitar 2 bulan, setelahnya Zaky memperkenalkan situs tersebut kepada para pedagang di mall untuk bergabung, sayangnya respon yang diterima justru tidak sesuai dengan harapan.

Pada tahun 2011, Bukalapak sudah mempunyai 10 ribu pedagang yang bergabung dan jumlah tersebut terus bertambah, saat ini pada tahun 2016 sudah ada lebih dari 500 ribu pedagang yang bergabung.

Hadirnya beberapa investor dari Jepang dan Amerika Serikat membuat Bukalapak semakin dikenal masyarakat. Karena Bukalapak berani membelanjakan biaya pemasaran dengan memasang iklan di televisi nasional. Merekrut tenaga-tenaga profesional yang ahli di bidangnya, membuat Bukalapak semakin kokoh menjadi situs ecommerce terbesar di Indonesia.