Cara Membuat Kerajinan Tangan Lampu Tidur Dari Benang dan Balon – Untuk anda yang ingin mengasah kreatifitas bisa mencoba kerajinan tangan yang satu ini, yakni membuat lampion cantik dan lucu dengan karakter animasi kartun dan hewan yang gemesin, bahan bahan yang diperlukan mudah dicari dan harganya pun tidak mahal, bisa juga bagi anda yang ingin mencari uang dengan menghasilkan sesuatu dari kerajinan tangan, karya yang satu ini salah satu contoh handmade yang memiliki prospek bisnis dan usaha yang sangat menguntungkan namun tentunya dengan modal kecil. berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan dan tahapan cara membuatnya disertai dengan gambar.
 


ALAT DAN BAHAN:
  1. Balon
  2. Benang Jahit
  3. Lem Kayu (dapat menggunakan lem kayu merk Rajawali)
  4. Kain Flanel (untuk hiasan)
  5. Kuas
  6. Gunting
  7. Gelas Plastik Bekas Minuman
  8. Bohlam min 5 watt
  9. Stand Lampu dilengkapi kabel dan colokan listrik

CARA MEMBUAT:

  1. Tiup balon hingga mencapai ukuran kecil/sedang (jangan terlalu besar yaaa, nanti benang yang dibutuhkan semakin banyak dan semakin lama bikinnya)
  2. Masukkan lem kayu ke dalam gelas plastik dan campurkan dengan air secukupnya (jangan terlalu encer yaa nanti lama keringnya dan daya rekatnya kurang)
  3. Setelah lem tercampur lalu gunakan kuas untuk melapisi seluruh permukaan balon dengan lem tsb
  4. Mulai melilitkan benang ke balon (lilitannya acak saja)
  5. Setelah terlihat agak tebal lapisi seluruh permukaan benang dengan lem lagi dan lilit kembali dengan benang, begitu seterusnya sampai beberapa kali pengulangan (sesuai keinginan,, dikira2 saja nanti jika diberi lampu bagian dalamnya cahaya yang akan keluar seperti apa, semakin tebal benang maka semakin redup cahayanya)
  6. Kemudian lapisi seluruh permukaan benang di lapisan terluar dengan lem
  7. Keringkan dengan cara digantung (jangan dikeringkan di bawah sinar matahari nanti balon bisa meletus dan jangan diletakkan di lantai karena balon dapat menyusut)
  8. Setelah mengering buatlah lubang di bagian bawah balon, keluarkan balon yg ada di dalam, gunting kain flanel sesuai dengan karakter yang ingin dibentuk, tempelkan
  9. Satukan balon benang karakter dengan lampu dan stand lampunya


Berikut ini hasil karya murid-murid saya setelah praktek membuat lampu karakter benang

Apabila anda sudah mahir anda akan bisa membuat kualitas lampu hias ini dengan kualitas bagus seperti karakter-karakter dibawah.