Pin It

Cara Membuat Susu Kedelai Sendiri

cara membuat susu kedelai sendiri

Cara Membuat Susu Kedelai Sendiri – Siapa belum pernah minum susu kedelai? Sesuai namanya, susu yang terbuat dari bahan kacang kedelai ini sangat nikmat dan menyehatkan. Pernahkah terbayangkan oleh Anda untuk membuat susu kedelai sendiri di rumah? Kacang kedelai biasanya tidak jarang dijadikan makanan ringan dengan di goreng atau di rebus. Kacang kedelai yang direbus biasanya banyak dijual di pinggir-pinggir jalan di sepanjang wilayah Pulau Jawa. Karena belum dicampurkan bahan yang lain alias masih original, kedelai rebus tersebut terasa langu. Sebetulnya bau langu berasal dari berkembangnya enzim lipoksigenase pada kedelai. Munculnya bau langu tersebut dikarenakan tercampurnya enzim tersebut dengan lemak kedelai pada saat proses penggilingan.

Bau langu tersebut bisa dicegah pada saat cara membuat susu kedelai sendiri itu dengan cara yang sederhana, misalkan dengan menghindarkan penggunaan air dingin pada saat penggilingan. Bisa juga dengan menggunakan metoda pemanasan sesaat seperti pada saat merebus sayuran dan memilih penggilingan dengan PH rendah dapat meminimalkan bau langu.

Bagaimana cara membuat susu kedelai sendiri?

Proses pembuatannya sederhana hanya membutuhkan bahan berupa kacang kedelai dan air, kadar air disesuaikan menurut kekentalan yang diinginkan. Adapun penambahan daun pandan atau vanili, gula dan garam biasa digunakan untuk meminimalisir rasa langu dari kedelai. Sedangkan dalam upaya untuk menambah khasiat dan menghasilkan rasa yang enak dan variasi, biasa juga juga ditambah dengan bahan-bahan seperti serai, jahe cengkih, kayu manis, bubuk coklat, teh bubuk dan lain sebagainya.
Proses Dasar Membuat Susu Kedelai Murni Sendiri :

  1. Pertama-tama adalah mencuci kacang kedelai dengan air bersih lalu rendam 10 jam atau semalaman hingga ukurannya membesar dan empuk. Setelah itu, bersihkan kulit arinya.
  2. Masukkan dalam blender kedelai dengan air kira-kira 1 : 3, jika 1 mangkuk kedelai campurkan dengan 3 mangkuk air. Blender hingga halus lalu saring dengan kain putih atau kain kasa atau saringan yang lubangnya kecil. Dapat juga dilakukan blender dan penyaringan berulang dari 3 bagian air agar sari kedelai keluar lebih banyak.
  3. Tahap berikutnya adalah perebusan yang bertujuan untuk menyeterilkan dari kuman, beraroma, menambah khasiat bagi tubuh serta mengurangi aroma kedelai yang masih langu. Rebus dengan api sedang sambil diaduk-aduk agar susu tidak pecah. Pada perebusan ini kita dapat menambahkan bahan-bahan sesuai keinginan, misalnya daun pandan atau vanili, jahe, bubuk coklat, gula, sedikit garam atau lainnya. Jika menggunakan vanili, jangan kebanyakan memasukkan vanili, akan menyebabkan rasa pahit.
  4. Minuman ini cocok di sajikan selagi hangat maupun didingankan dahulu di kulkas.

Bahan yang digunakan dalam cara membuat susu kedelai sendiri, yaitu :
Bahan :

  • 250 gram kacang kedelai, cuci bersih
  • 1,5 liter air
  • 150 gram gula pasir
  • 3 lembar daun pandan, ikat
  • 3 lembar daun jeruk

CARA MEMBUAT SUSU KEDELAI :

  1. Rendam kedelai dengan air hangat semalaman. Setelah mekar, cuci bersih dan buang kulit arinya.
  2. Blender dengan air sampai benar2 halus lalu saring.
  3. Rebus dengan api sedang dicampur dengan gula, daun pandan dan daun jeruk. Aduk-aduk terus sampai mendidih, jaga jangan sampai meluap.
  4. Setelah dingin saring dengan kain katun yang bersih. Sajikan hangat atau dingin sesuai selera

 

%d bloggers like this: