Cara Membuat Sepatu Lukis Kanvas – Akhir-akhir ini sepatu lukis menjadi tren anak muda, selain bahan yang digunakan adalah kanvas yang mudah menyerap cat, bahan-bahan yang digunakan juga sangat mudah ditemukan di pasaran. Desain sepatu lukis yang dijual pun bermacam-macam, mulai dari karakter kartun hingga gambar abstrak, sayangnya tidak semua desain yang ada di pasaran cocok dengan yang Anda inginkan. Solusi yang paling mudah adalah dengan membuat sepatu lukis sendiri. Mungkin sebagian dari Anda akan berpikir bahwa membuat sepatu lukis sendiri ini sulit! Padahal untuk membuatnya tidaklah sesulit yang Anda bayangkan, bahan yang diperlukan juga tidak sulit didapatkan di pasaran.

Berikut ini adalah cara membuat sepatu lukis kanvas beserta bahan yang dibutuhkan.

1. Sepatu KanvasĀ 

Sepatu Kanvas saat ini terdiri dari beragam jenis dan ukuran. Usahakan sepatu yang akan digambar adalah sepatu baru, sehingga permukaannya masih kaku, minim kotoran dan mudah untuk dilukis. Saya suka melukis di atas sepatu yang berwarna putih, krem, abu-abu atau biru. Apabila kita memilih sepatu berwarna, kita tidak perlu melakukan pewarnaan dasar lagi kan.. šŸ˜€

2. Cat Akrilik

Sebagai permulaan gunakanlah cat akrilik yang dikemas dalam tube-tube kecil. Sebagai contoh saya menggunakan Cat Akrilik merek Marieā€™s yang terdiri dari 18 warna. Masing-masing tube berisi 12 ml. Warna-warnanya cerah dan mudah untuk dicampur-campur.

FYI: cat ini awet loh, padahal sudah saya gunakan setahun lebih (dengan intensitas melukis yang cukup tinggi).

3. Kuas

Menurut saya pribadi kuas merupakan aset. Dimana untuk mendapatkan hasil dan kualitas yang baik, kau butuh kuas yang agak lebih mahal. Namun kuas kan bisa dipakai kapanpun dan tahan lama. Kuas yang sering saya gunakan adalah kuas pipih nomor 2 ā€“ 4, kuas bulat 0, 00, 000 merek Lyra dengan harga berkisar dari Rp 5.000,00 ā€“ Rp. 10.000,00.

4. Cat Pelapis

Cat pelapis berfungsi sebagai finishing dan top coat agar lapisan lukisan lebih tahan lama dan lebih mengkilap warnanya. Saya sering menggunakan Cat Semprot berwarna bening atau clear. Saya gunakan Pylox Spray Clear.

5. Alat Gambar

Pensil dan penghapus dibutuhkan untuk menggambar pola.

6. Pelengkap dan Lem

Pelengkap bisa pita yang digunakan sebagai tali sepatu, glitter yang dipakai untuk hiasan, manik-manik, kancing dan lain sebagainya.Ā Kemudian jika kau akan menambahkan manik-manik atau tempelan kancing kau akan butuh lem tentu saja.

Cara membuat sepatu lukis kanvas

Step by step of Chopper

1. Bersihkan permukaan sepatu dari debu yang menempel. Lepas tali sepatu yang masih terpasang.

2. Pilih pola yang ingin di gambar. Sebagai permulaan pilihlah pola yang mudah dibuat, seperti polkadot, garis-garis, awan, daun-daun, atau kalau kau yakin, bisa memilih tokoh-tokoh komik atau kartun. Terkadang banyak juga yang membuat cerita pada sepatu lukis. Kalau saya, suka melukis dua hal berbeda di kanan dan kiri sepatu, namun masih satu tema.

3. Gambarkan polanya di atas sepatu.

4. Dengan menggunakan kuas pipih atau bulat kecil (ukuran 2 atau 3) mulailah melukis dengan warna yang paling dasar. Misalnya warna yang ingin ditunjukkan secara dominan, atau gambar yang terletak paling dasar.

5. Perkuat warnanya dengan memberikan gradasi warna.

6. Berikan Outline untuk memperkuat gambar. Bisa menggunakan kuas kecil (ukuran 00 hingga 000).

7. Permanis gambar dengan memberikan tambahan-tambahan detail pada bagian samping, belakang sepatu. Tambahkan glitter pada bagian-bagian yang diinginkan. Biarkan mengering.

8. Setelah mengering (atau dengan bantuanĀ hairdryer) sepatu dapat ditempeli manik-manik, kancing atau pemanis lain kemudian dicat menggunakan cat pelapis semprot. Semprotkan tipis-tipis secara merata. Setelah kering dapat diulangi kembali hingga dirasa cukup tebal. Angin-anginkan hingga mengering.

9. Setelah sepatu kering, tali sepatu bisa diganti dengan menggunakan pita agar lebih cantik dan sepatu lukis pun bisa digunakan. Untuk perawatan, cukup cuci dengan sabun detergen, tetapi jangan disikat terlalu keras. Apabila permukaan cat pelapis telah menipis, sepatu bisa disemprot lagi dengan cat pelapis. Sebelumnya permukaan sepatu dibersihkan terlebih dulu.

Bagaimana mudah bukan cara membuat sepatu lukis kanvas nya?

Selamat mencoba.