Bagaimana sih Cara Membuat Kreasi Flanel? Alat dan bahan apa yang harus saya beli? Darimana saya harus mulai? Inilah beberapa hal yang paling sering ditanyakan, terutama bagi seorang pemula. Pertanyaan yang sangat wajar. Jangan khawatir! Dulu, saya juga seorang pemula dan menanyakan hal yang sama. Baiklah, saya akan menceritakan pengalaman saya beberapa tahun yang lalu ketika pertama kali belajar cara membuat kreasi flanel.

Belajar Cara Membuat Kreasi Flanel

Hal pertama yang Saya lakukan adalah dengan mencari informasi melalui internet. Hari gini, daripada bingung dan gak tau harus tanya siapa, ujung-ujungnya cari aja Mbah Google icon smile Cara Membuat Kreasi Flanel untuk Pemula Banyak informasi tentang kerajinan kain flanel dari dalam dan luar negeri yang bisa dipelajari. Tak hanya itu, Saya pun membeli beberapa buku tentang cara membuat kerajinan tangan dari kain flanel. Saat ini, di toko buku sudah banyak tersedia buku flanel berbahasa Indonesia. Lumayanlah, dari 2 langkah awal ini bisa mengobati rasa penasaran.

Saking penasarannya, Saya mengkoleksi lebih dari 30 buku flanel berbahasa Indonesia. Harga buku flanel sekitar 25-70 ribuan, jika dihitung rata-rata 50 ribu aja, berarti lebih dari 1,5 juta saya habiskan untuk beli buku flanel saja belum beli alat dan bahan. Maklum mungkin karena saat itu saya begitu menggebu-gebu, tak punya teman atau sodara yang ngerti kerajinan kain flanel. Akhirnya belajar membuat flanel otodidak menjadi keputusan terakhir.

Secara garis besar, hampir semua buku yang saya baca mewajibkan punya alat dan bahan kain flanel untuk mulai berkreasi. Waduh, Saya pun jadi bingung! Dimana sih ada toko yang jual kain flanel? Ditambah lagi, saya tidak tinggal di kota besar icon sad Cara Membuat Kreasi Flanel untuk Pemula Ternyata punya buku saja tidak cukup. Masalahnya, selama belum punya alat dan kain flanel, Saya pasti gak bisa ngapa-ngapain. “Masak hanya membolak-balik isi buku TANPA membuat kreasi apapun?” Gak lucu dong!

Pengalaman Belajar Cara Membuat Kreasi Flanel

Tak ada jalan lain, Saya gak boleh patah semangat. Saya harus berusaha sendiri mencari toko kain flanel! Lalu saya pun keliling mencari toko yang jual kain flanel. Sialnya, dari sekian banyak toko kain yang dikunjungi, Tak satu pun jual kain flanel. Apalagi ketika bertanya, “Mbak ada kain flanel?” eh.. malah dijawab “Kain Flanel itu kain apa ya?” gedubraaaakkk …!! Kayaknya ada yang salah nih! ternyata untuk mendapatkan Kain Flanel tak segampang yang saya kira. Dan.. syukurlah, 1 bulan kemudian akhirnya saya berhasil mendapatkan kain flanel.

cara membuat gantungan flanel keropi Cara Membuat Kreasi Flanel untuk Pemula Setelah punya kain flanel, Saya tak sabar untuk mulai berkreasi. Saya kembali fokus dan membolak-balik buku kreasi flanel. Saya sadar kalau saya masih pemula sehingga Saya ingin mencoba cara membuat kreasi flanel yang “Paling Gampang” duluan. Saya perhatikan contoh tutorial flanel dan pola kain flanel di buku memang bagus, tapi masalahnya Kreasi mana sih yang cocok untuk Pemula?

Karena sudah tak sabaran dan terlalu bersemangat, Saya mencobanya satu persatu. Hasilnya? Ternyata tidak segampang yang saya kira. Sekian kali gagal Saya kehilangan fokus karena tak paham tingkat kesulitannya. Maklumlah… seorang Pemula seperti saya, jangankan membuat tusuk feston, menempel kain aja masih blepotan. Terus terang saat itu saya berfikir, “Gimana sih cara belajar flanel yang Cepat, Gampang dan Praktis?”

cara membuat gantungan kunci flanel angry bird Cara Membuat Kreasi Flanel untuk PemulaNah, banyak sekali teman-teman pemula yang mempunyai pengalaman mirip dengan saya. Punya keinginan belajar flanel sangat tinggi, tapi bingung harus mulai darimana. Apakah harus beli banyak buku, beli kain flanel dulu, lalu mau bikin kreasi apa?

Cara Membuat Kreasi Flanel cocok untuk Pemula

“Dulu, saya juga seorang pemula. Dan saya sangat paham dengan kesulitan yang dihadapi.” Berbekal pengalaman ini, Saya mencari jalan keluar “Bagaimana agar seorang pemula bisa belajar sendiri “otodidak”?” Untuk tahap awal, beli alat dan bahan kain flanel gak usah banyak-banyak dulu. Beli secukupnya, yang penting bisa cepat mulai dan ada hasilnya! Intinya bisa belajar flanel dengan cepat, gampang dan praktis langsung jadi.

Sekedar informasi, anda bisa mampir ke website www.CaraMembuatFlanel.com jika ingin belajar Cara membuat kreasi flanel yang singkat, tepat dan praktis. Sistem tutorial pembelajarannya sangat sederhana, cocok bagi pemula yang sangat awam sekalipun.

Anda dituntun mulai dari level Paling Gampang hingga bisa menghasilkan kreasi flanel “Langsung Jadi”. Sudah dilengkapi dengan alat dan bahan seperti Kain flanel, benang, dakron, gunting, mata boneka, jarum, lem, bahkan pola flanel siap pakai.