Pin It

Cara Budidaya Hidroponik Sederhana Disertai Contoh

Berikut cara Budidaya Hidroponik Sederhana Disertai Contoh dan bahan peralatannya menggunakan peralatan yang mudah ditemukan di lingkungan kita. Peralatan yang ada di contoh gambar berikut tidak harus sama persis Anda dapat menggantinya dengan yang sekiranya sama persis fungsinya.

Cara Hidroponik Sederhana ini cocok untuk ruang sempit, mungkin di tempatkan dalam rungan (jangan lupa pencahayaanya diperhatikan), di teras depan, maupun di belakan rumah. Cara budidaya hidroponik ini menggunakan beberapa box plastik yang disusun pada rak besi dengan susunan ke atas atau bertingkat dan paling bawah tempat box untuk menampung nutrisi.

Cara budidaya hidroponik ini bekerja dengan mengalirkan nutrisi dari box penampung nutrisi di bagian bawah ke box plastik paling atas dan di teruskan dari box paling atas ke di bawahnya, dan seterusnya. Pada box tanaman hidroponik paling bawah akan meneruskan aliran nutrisi ke box penampung.

Budidaya Hidroponik
Cara Budidaya Hidroponik

Berikut sketsa beberapa perlengkapan yang dibutuhkan untuk membuat sesuai system gambar diatas. Peralatan berikut dapat Anda ganti dengan yang sesuai fungsi dan barangnya mudah didapatkan. Diantaranya adalah :

  • Rak Besi, siku dan baut-bautnya
  • Box plastik ukuran pendek untuk tanaman dan yang tinggi untuk penampung nutrisi hidroponik
  • Bak untuk semai
  • Nutrisi Hidroponik
  • Netpot
  • Media tanam (Rockwool atau Hydroton)
  • Penyemprot atau sprayer untuk menyemprot air ke tanaman semai
  • Selang untuk mengalirkan Nutrisi Hidroponik
  • Pompa air ukuran kecil (untuk aquarium)
  • Roda untuk bagian bawah rak agar bisa di geser-geser (optional)
Cara Budidaya Hidroponik
Cara Budidaya Hidroponik

Setelah semua peralatan kita dapatkan selanjutnya kita rancang dan pasang masing-masing perlengkapan tersebut. Lubangi tutup box plastik untuk netpot dan bagian tengah bawah untuk mengalirkan nutrisi ke bok bagian bawahnya dengan bor yang dilengkapi mata hole saw.

Cara Budidaya Hidroponik

Jika sudah diberi lubang, masukkan air ke box plastik untuk mengecek kebocoran yang tidak diinginkan. Jika terjadi kebocoran Anda dapat menambalnya dengan lem plastik (yang dibakar) atau lem besi pada lubang yang mengalami kebocoran.

Cara Budidaya Hidroponik

Setelah semua selai pasang pada rak (rakit) dan Anda siap memindahkan tanaman yang sudah siap untuk proses pembesaran hingga masa panen.

Cara Budidaya Hidroponik

Itulah Cara Budidaya Hidroponik Sederhana yang Disertai Contoh, semoga artikel tersebut bermanfaat.

%d bloggers like this: