Pin It

Bisnis Rumahan Modal Kecil dari Olahan Tempe

Artikel tentang bisnis rumahan modal kecil dari olahan tempe, yang semoga saja bisa menginspirasi bagi kita yang tertarik untuk berbisnis di bidang makanan khususnya makanan ringan. Dahulu tempe sering dianggap sebagai makanan yang sederhana dan sering dipandang sebelah mata, namun ketika tempe diketahui banyak mengandung manfaat, lantaran kandungan penting bagi tubuh yang ada dalam kedelai maupun dari jamur yang dihasilkan kedelai, maka tempe pun dilirik oleh berbagai kalangan masayarakat yang ingin kebutuhan gizinya tercukupi, dan salah satunya bisa didapat dari tempe ini.

produk olahan tempe

Selain tempe sering dikonsumsi sebagai lauk untuk makan, kini tempe mentah juga sering diolah menjadi keripik tempe dengan beragam bentuk baik kotak maupun bulat serta varian rasa asin maupun manis yang ditambahkan. Sehingga terciptalah peluang usaha yang bisa dijalankan dari rumah serta tak membutuhkan modal yang tergolong banyak.

Tak usah repot-repot mencari keluar untuk menjalankan sebuah bidang bisnis. Karena di rumah sendiri pun kita bisa menjalankan sebuah bisnis. Dan salah satunya adalah dengan mengolah tempe mentah yang diiris tipis-tipis, kemudian dijadikan keripik tempe yang dikemas alam ukuran tertentu untuk dipasarkan. Aktifitas ini pun bisa dijalankan di rumah, dan tak sulit untuk memulainya karena hanya membutuhkan peralatan yang cukup sederhana.

Aktifitas bisnis sakala rumahan ini bisa dilakukan suami istri, maupun perkumpulan ibu-ibu yang ingin memiliki usaha bersama, yakni usaha yang dirintis bersama ibu-ibu yang lainnya. Aktifitas usaha membuat tempe bisa memanfaatkan dapur yang biasa digunakan untuk memasak namun perlu ditunjang beberapa peralatan sederhana seperti penggorengan yang agak besar, alat pengiris tempe, da beberapa alat penunjang lainnya. Yang penting jangan abaikan masalah kebersihan.

Berbisnis di rumah dengan memproduksi keripik tempe ini pun bisa bekerja sama dengan banyak pihak, mulai dari toko sekitar, grosir di pasar tradisonal terdekat atau para penjual makanan ringan yang biasanya menjual makanan ringan dalam jumlah besar ke toko-toko ritail. Yang pasti pasarnya cukup luas, dan cara menjualnya pun tergantung kelihaian kita melihat potensi pasar yang ada di kota kita.

Modal rendah tak masalah

Bisnis itu tak harus dengan modal yang besar, dan segmen bisnis yang satu ini pun bisa jadi sarana bisnis dengan modal rendah namun bisa untung wahh…. Kenapa bisa dibilang sebagai modal rendah..? ya.. bayangkan saja, tempe mentah kita dapat dengan harga yang cukup murah, kemudian kita menaikkan nilai harganya dengan mengolahnya menjadi keripik tempe.

Bahan baku tempe pun sangat mudah didapat, dan lagi, bukan hal yang sulit untuk membuat tempe sendiri di rumah, dari bahan baku kedelai yang cukup mudah didapat. Dikatakan usaha ini bisa dimulai dengan modal rendah, karena alatnya cukup sederhana dan kekuatan produksi pun bisa kita batasi sesuai dengan kemampuan modal yang kita mampu.

Leave a Reply

%d bloggers like this: