Pin It

6 Faktor Penentu Kesuksesan Toko Online

Akhir-akhir ini terjadi peningkatan jumlah toko online yang luar biasa, peningkatan tersebut didorong juga oleh kemudahan akses internet dan kemudahan dalam membeli domain dan mendevelop sebuah toko online. Tak pelak, hal ini ikut berperan serta dalam menumbuhkan semangat entrepreneurship di Indonesia. Namun, dengan banyaknya toko online yang ada saat ini tentu akan membuat kompetisi akan semakin ketat. Jika pemilik toko online tidak mempunyai visi dan misi yang jelas, maka kegagalan yang justru diraih. Banyak faktor yang mendorong seseorang sukses dalam menjalankan bisnis onlinenya. Dalam artikel ini dirangkumkan ada 6 faktor penentu kesuksesan dalam berbisnis toko online.

sukses toko-online

Pilih Platform Toko Online Sesuai Kebutuhan

Jika Anda kebetulan memiliki dana terbatas, maka salah satu pilihan dalam memulai sebuah usaha melalui toko online adalah dengan mengembangkannya sendiri. Anda tidak harus mengetahui bagaimana cara pengkodingan, karena sekarang sudah banyak disediakan secara gratis platform toko online yang siap digunakan. Anda tinggal melakukan kustom sesuai dengan kebutuhan. Platform yang tersedia saat ini adalah magento, open cart, prestashop, wordpress ecommerce dan masih banyak lagi.

Pentingnya Membangun Sebuah Brand

Brand atau lebih dikenal dengan merek merupakan sebuah reputasi bagi bisnis Anda, ada janji yang Anda tawarkan kepada pelanggan Anda. Oleh sebab itu, menjaga brand atau merek itu sangatlah penting. Yang biasa mengikuti brand adalah tagline bisnis Anda, buatlah tagline yang menarik sehingga mudah diingat oleh orang. Misalkan Anda memiliki usaha tas rajut dengan brand Momrajutbag.com untuk tagline nya bisa seperti ini Tas Rajut Yang Digunakan Selebriti Tanah Air atau And bisa membuatnya dengan yang lebih menarik lagi. Intinya buatlah tagline yang unik, merepresentasikan produk dan selalu diingat oleh konsumen atau pelanggan Anda.

Foto Produk

Apa jadinya jika Anda memiliki toko online, namun tidak ada foto produk satu pun di dalamnya. Mungkin calon konsumen Anda akan bertanya-tanya, ini sebetulnya toko online ataukah hanya sebuah portal penyaji informasi? Terbukti foto produk yang bagus ternyata bisa meningkatkan penjualan dibandingkan dengan foto produk yang asal-asalan. Foto produk yang tidak profesioanal atau hanya mengambil dari internet membuat trust toko online Anda berkurang di mata pembeli. Sebaiknya jika Anda berjualan produk fashion, gunakan jasa fotografer profesional dalam menyajikan produk-produk di toko online Anda. Atau jika Anda belum ada bujet untuk menyewa jasa fotografer profesional, Anda bisa melakukan pemotretan sendiri tentunya dengan mempelajari teknik fotografi sebelumnya. Untuk produk fashion, gunakan seorang model bukan manekin yang terbuat dari boneka.

Layanan Pelanggan

Tidak kalah pentingnya sebagai faktor penentu kesuksesan adalah layanan kepada pelanggan toko online Anda, semakin ramah dan fast respond tentunya akan membuat pelanggan Anda puas dan senang. Yang pada akhirnya akan memutuskan untuk membeli produk dari toko online Anda.  Pengetahuan terhadap produk juga mutlak dibutuhkan, selain itu juga harus bisa mengetahui berapa ongkos kirim ke calon pelanggan masing-masing.

Berikan Nama dan Deskripsi Produk

Ini merupakan salah satu teknik yang sering disepelekan oleh Anda sebagai pemilik toko online. Kadang kita mendapati sebuah toko online yang hanya mendisplaykan foto produk tanpa memberikan deskripsi yang lengkap mengenai produk tersebut. Padahal informasi tersebut sangat dibutuhkan oleh calon pelanggan toko online Anda. Deskripsi tersebut selain bermanfaatkan memberikan keterangan kepada calon pelanggan Anda juga bermanfaat bagi search engine seperti Google, Yahoo dan Bing. Biasanya search engine akan mengambil potongan deskripsi produk tersebut untuk ditampilkan pada halaman hasil pencarian mereka. Bukankah ini merupakan satu keuntungan bagi Anda pemilik toko online?

Manfaatkan Media Sosial

Media sosial merupakan tempat berkumpulnya orang-orang secara virtual, karena sebagai tempat berkumpul maka akan mudah bagi Anda untuk menawarkan produk-produk melalui sosial media. Pelajari bagaimana memanfaatkan sosial media sebagai wadah atau media untuk menjual produk-produk toko online Anda. Karena setiap sosial media mempunyai kebijakan dan trik yang berbeda untuk berjualan. Media sosial yang sering digunakan untuk berjualan adalah Facebook, Instagram, Gplus dan twitter.

 

%d bloggers like this: