Pin It

5 Peluang Usaha Yang Tepat Bagi Mahasiswa

peluang usaha mahasiswa

Peluang usaha bagi mahasiswa terbuka lebar di depan mata. Bagi anda yang duduk di bangku kuliah tentunya ingin mendapatkan uang saku tambahan dengan pekerjaan sederhana. Nah, jangan khawatir dengan status anda yang masih mahasiswa karena ada banyak bisnis yang cocok untuk dijalankan. Selain akan mendapatkan uang saku tambahan, anda juga pastinya dapat membuat bangga orang tua dengan hasil usaha anda sendiri dan mendapat pengalaman kerja.

Banyak sekali terdapat peluang usaha bagi mahasiswa, khususnya bagi anda yang memang mempunyai bakat bisnis dan akan masuk ke dunia bisnis nantinya. Pelajari teorinya saat kuliah dan aplikasikan ke dunia nyata di saat waktu luang.

Berikut akan dibahas 5 peluang bisnis yang cocok bagi anda para mahasiswa di antara sekian banyak peluang bisnis lainnya.

Bisnis pulsa elektrik
Biasanya bisnis ini banyak dipilih sebagian besar mahasiswa. Selain simpel dan mudah untuk dilakukan, bisnis ini mendatangkan keuntungan yang lumayan jika anda dapat mengelolanya dengan baik. Untung dalam sekali penjualan pulsa berkisar antara 500 sampai 1500 rupiah. Jadi misalnya saja 10 orang teman anda membeli pulsa pada anda, tinggal dikalikan saja dengan untungnya yang hasilnya adalah 5000-10.000 rupiah. Nah, jika anda pandai mengelolanya secara konsisten dan jangka panjang, dijamin keuntungannya dapat berkali lipat.

Bisnis Online shop
Peluang usaha bagi mahasiswa selanjutnya yaitu online shop. Menjual berbagai macam jenis baju seperti kemeja, T-shirt, dan blazer serta celana atau rok dan juga pernak-pernik seperti kacamata, ikat pinggang, gelang, atau ada juga yang menjual aneka sepatu mulai dari jenis sepatu kets sampai flatshoes atau high heels dan sebagainya kepada teman-teman seperjuangan anda di kampus tampaknya harus anda pertimbangkan sebagai sebuah bisnis yang cukup menjanjikan.

Memberi les privat
Berikan pelajaran tambahan atau yang dikenal sebagai les privat bagi beberapa orang anak baik SD, SMP, SMA yang tergantung pada kemampuan anda. Misalnya saja anda kuliah di jurusan eksak atau science, maka anda dapat memberikan pelajaran seperti biologi, kimia atau fisika. Bisa juga anda memberikan pelajaran yang bersifat umum seperti matematika dan bahasa Inggris. Usaha yang satu ini dapat membawa keuntungan ganda bagi anda yang menjalankannya. Keuntungan yang pertama tentu saja usaha ini menambah uang saku anda, sedangkan keuntungan kedua adalah dimana dalam mengajar, anda harus menguasai materi apa yang anda ajarkan. Jadi secara otomatis anda sendiri juga harus belajar bukan?

Menjual makanan kecil
Menjual makanan kecil di kampus khususnya di ruang kelas pada saat pergantian mata kuliah dan ada waktu jeda singkat diantaranya seringkali dapat menjadi peluang usaha bagi mahasiswa. makanan kecil berupa kue, snack, dan air mineral sangat dibutuhkan untuk mengganjal perut yang lapar ketika mengikuti kuliah. Jadi usaha ini cukup baik untuk dijalankan apalagi jika kantin kampus letaknya cukup jauh dari ruang kuliah.

Jasa pengetikan dan print
Mahasiswa dan kuliah identik dengan berbagai macam tugas seperti makalah dimana sebagian besar dalam pengerjaannya menggunakan laptop atau komputer. Mungkin ada beberapa orang teman anda yang tidak mempunyai waktu untuk mengetik, maka anda yang khususnya mempunyai keahlian mengetik dapat melihat hal ini sebagai peluang bisnis. Bukalah suatu jasa pengetikan kecil-kecilan lengkap dengan jasa printnya, lalu promosikan di lingkungan sekitar kampus. Pekerjaan yang tergolong sederhana.

Yang telah disebutkan di atas hanya beberapa dari sekian banyak peluang usaha bagi mahasiswa. Bagaimana? Apakah anda mulai tertarik untuk menjalaninya? Bisnis ini tentunya tidak akan mengganggu kuliah anda jika pintar membagi waktu. Selain itu anda akan mendapat pengalaman kerja sehingga dapat menjadi pembelajaran setelah lulus nanti. Jadi tunggu apalagi, segera jalankan satu bisnis, kelola dengan tekun dan anda akan mendapatkan hasilnya.

%d bloggers like this: