5 Buah Ide Bisnis Dengan Modal Kecil – Saat ini telah terjadi perbedaan persepsi diantara orang tua dan anak-anaknya dalam memilih sebuah pekerjaan yang ideal. Anak-anak masa sekarang dapat memilih suatu pekerjaan yang dapat memberikan lebih banyak penghasilan dikarenakan derasnya arus informasi yang ada saat ini. Kemudahan mendapatkan informasi tersebut serta daya kreativitas yang tinggi ternyata banyak menunjang keberhasilkan mereka di masa mendatang. Banyak diantara anak-anak muda yang memilih menjatuhkan pilihan dengan membuka usaha sendiri. Kebanyakan mereka lebih tertantang dengan memulai suatu usaha yang belum tentu jelas keberhasilannya. Mereka bahkan rela meninggalkan kenyamanan atau fasilitas yang diberikan oleh orang tuanya.

Diantara beberapa ide usaha yang ada, berikut adalah diataranya ide bisnis dengan modal kecil. Meskipun modal yang dikeluarkan relatif kecil, namun bukan berarti usaha tersebut tidak menjanjikan.

1.  Menjual sayuran segar atau sayuran organik melalui aplikasi mobile

 

sayuran organik

Akhir-akhir ini, kita sering mendengar istilah startup! Startup sendiri sebetulnya adalah istilah yang awalnya populer di AS ketika menyebut suatu usaha yang baru berdiri dengan memanfaatkan teknologi. Di Indonesia sendiri, akhir-akhir ini banyak bermunculan startup. Kebanyakan memang digawangi oleh anak muda. Salah satu ide usaha dengan modal kecil adalah menjual sayuran segar memanfaatkan teknologi aplikasi, baik Android maupun IOS. Aplikasi yang Anda buat bisa menghubungkan antara petani sayuran dengan pembeli atau buyer. Atau Anda bisa bekerjasama dengan petani setempat dengan sistem clustering sehingga secara kualitas bisa terjaga, sehingga pembeli tidak perlu lagi khawatir mengenai kualitas sayuran tersebut.

2.  Menjual jasa desain grafis

jasa desain grafis

Anda pandai dalam mengolah desain grafis? Saat ini, seiring dengan pertumbuhan bisnis online yang sangat signifikan berdampak pada permintaan desain grafis yang meningkat pula. Entah itu hanya sekedar melakukan editing foto, manipulasi gambar, membuat banner promosi sangat banyak yang membutuhkan. Sebaiknya dalam menjalankan usaha desain grafis, selain kemampuan dalam memadukan berbagai warna, kreativitas dan pemilihan berbagai jenis font sangat mempengaruhi hasil akhir sebuah desain. Desain yang bagus tentunya bisa “berbicara” atau menyampaikan pesan sesuai dengan permintaan pelanggan.

3.  Wisata peternakan yang fun dan mendidik

ide bisnis unik peternakan

Banyak sekali saya menemui beberapa lulusan fakultas peternakan yang bekerja di luar bidang yang telah dipelajarinya selama ini, misal bekerja di perbankan, industri multi finance, telekomunikasi dan sebagainya. Sangat disayangkan memang, karena disiplin ilmu yang selama ini telah dipelajari jadi sia-sia. Namun, saat ini pekerjaan dibidang peternakan bisa dibuat menjadi lebih fun dan menarik banyak orang. Hal tersebut bisa diwujudkan dengan kreativitas yang tinggi dan memanfaatkan teknologi informasi terkini.

Misalkan dengan membuat sebuah peternakan untuk tujuan wisata edukasi yang fun dan membuat permainan yang menarik di lokasi, pastilah akan membuat anak-anak menyukainya. Apalagi sepulang dari wisata edukasi tersebut, anak-anak bisa membawa oleh-oleh khas dari tempat tersebut. Dengan memanfaatkan teknologi informasi yang ada, informasi seputar peternakan ada di genggaman. Salah satunya adalah dengan membuatkan games berbasis aplikasi android atau IOS yang bisa didownload ketika berkunjung ke peternakan tersebut. Games tersebut hanya bisa diupdate, jika anak-anak melakukan kunjungan ke lokasi tersebut.

4. Membuat workshop pembuatan terrarium

terrariums

Tentunya Anda harus paham apa itu terrarium? Terrarium memang sedang tren saat ini, terrarium adalah kreasi atau dekorasi tanaman toples yang ditempatkan dalam wadah kaca atau toples bening. Dibutuhkan kreativitas dalam menyusun tanaman agar terlihat menarik, serta komposisi tanah yang dibutuhkan harus dipahami. Untuk memasarkan workshop pembuatan terrarium ini, Anda bisa memanfaatkan sosial media seperti instagram. Buatlah foto kreasi terrarium Anda semenarik mungkin sehingga mengundang decak kagum bagi pengguna sosial media tersebut.

5.  Mengembangkan social entrepreneurship

Kemajuan teknologi akhir-akhir ini tidak lantas membuat orang-orang hanya mengejar kesuksesan tetapi melupakan kegiatan amal untuk sesama yang lebih membutuhkan. Semangat tersebut ternyata menular dengan sangat cepat ke generasi muda saat ini. Banyak diantara mereka yang mengembangkan social entrepreneurship, yaitu sebuah kegiatan usaha yang didalamnya juga menyertakan kegiatan amal atau sosial. Kegiatan tersebut ada yang didukung dengan teknologi ataupun yang belum didukung oleh teknologi. Adapun yang telah didukung teknologi contohnya seperti penggalangan dana yang dilakukan online untuk memperbaiki jembatan yang rusak disuatu kabupaten atau kota tertentu. Penggalangan dana tersebut dimediasi melalui website dengan cara membuatkan halaman khusus yang dibuat pertama kali oleh panitia atau pengurus yang membutuhkan dana tersebut. Seseorang tidak dengan mudah untuk membuat penggalangan dana, karena dari pihak pemilik website terlebih dahulu melakukan survey ke lokasi dan bertemu langsung dengan panitia atau pengurus yang akan menerima dana tersebut. Sehingga, validitas data benar-benar dapat dipertanggungjawabkan.