Dalam dunia bisnis, manajemen waaktu memiliki peranan yang sangat penting sehingga orang yang sedang menjalankan bisnis usaha bisa lebih efektif dan produktif. Namun tidak sedikit pula yang sedang menangkap peluang bisnis apapun banyak yang melupakan persoalan manajemen waktu ini. Melalui artikel ini kami akan mencoba memberikan sedikit tips mengenai bagaimana mengatur waktu dalam berbisnis agar lebih efisien dan pekerjaan menjadi lebih produktif.

1. Atur Waktu Untuk Cek dan Balas Email
Saat ini email menjadi salah satu media yang cepat dan juga hemat serta efisien bagi para pelaku bisnis dalam mengirim dan menerima pesan dari klien ataupun customer. Realtime email dimana dan kapan saja membuat bisnis seperti berjalan dimana saja, dikantor, dijalan, di waktu liburan semua pesanan atau pesan bisnis melalui email bisa dibaca. Namun terkadang hal ini bisa membuat ritme kita menjadi agak kurang efektif, banyak orang yang selalu mengecek email antara 5-10 menit jika waktu Anda dalam sehari habis hanya untuk mengecek email dengan rentang 5-10 menit maka waktu Anda akan habis dan banyak yang tidak efisien. Mungkin sudah saatnya kita mengatur waktu bahwa cek dan balas email adalah di pagi hari, siang hari, seore atau dan juga malam hari. Waktu sudah tersusun rapi dan terjadwal sehingga waktu Anda tidak banyak terbuang hanya untuk urusan email padahal bisnis dan usaha Anda harus tetap jalan sedemikian rupa. Dan perlu diingat pengaturan jadwal cek email ini juga melatih kedisiplinan kita. Jadi Anda mulai sekarang sudah bisa mempertimbangkan untuk memanajemen waktu Anda dengan baik dan tidak mengecek email dalam rentang waktu 5-10 menit dalam aktivitas sehari-hari Anda.

2. Jangan Mengerjakan Banyak Tugas/Pekerjaan dalam Satu Waktu (Multi Tasking)
Nah untuk urusan menjalankan pekerjaan atau bisnis, terkadang kita ingin mengerjakan banyak pekerjaan dalam satu waktu, terkadang kita ingin memanfaatkan semua peluang usaha yang ada di sekitar kita secara bersamaan. Hal ini ada baiknya dan ternyata ada hal yang kurang baik juga. Ada penelitian bahwa para ahli mengatakan bahwasanya orang yang melakukan multi tasking tersebut hanya berkisar 2.5% saja yang mampu menjalankannya dengan baik dan sisanya malah membuat kacau dan amburadul karena tidak fokus. Begitupun juga dalam berbisnis dan memanfatakan ide ide usaha yang ada bahwa semua perlu fokus tidak mengerjakan semua bisnis usaha dalam waktu waktu sehingga malah tidak memberikan efektifita dan juga tidak produktif dalam berbisnis. Manajemen waktu sangat penting disini sehingga kita bisa fokus menyelesaikan pekerjaan satu demi satu.
3. Menentukan Tujuan dan Target di Setiap Peluang Usaha yang diambil
Ketika kita berbicara bisnis dan ide ide usaha yang akan dan sedang kita jalankan, maka manajemen waktu akan erat kaitannya dengan setting goal dan tujuan serta target dari bisnis tersebut. Ketika goal sudah di sett, maka kita bisa mengatur dengan baik waktu untuk mencapai tujuan/goal tersebut. Dari kedua point diatas sebelum point ketiga ini jelas menjadi beberapa bagian yang bisa dipertimbangkan untuk mencari target-target dari semua ide peluang bisnis yang sedang kita jalankan. Targt dan Goal yang jelas harus disinergikan dengan pengaturan waktu yang tepat.

4. Tulislah Jadwal dan Kegiatan Bisnis Anda
Kadang dalam setiap langkah berbisnis, menuliskan langkah dan setiap aktivitas yang akan dijalankan, biasanya dalam bentuk To Do List itu memang merupakan satu hal yang sangat penting, apalagi dalam rangka manajemen waktu agar dalam memanfaatkan setiap peluang bisnis itu ritmenya bisa lebih teratur dan tertata rapi. Ketika setiap hal atau tindakan yang akan di ambil dituliskan maka kita akan bisa lebih teratur dan terencana sehingga dalam setiap action bisnis bisa menghasilkan suatu hal ayng lebih baik. Mencoba memanage setiap kegiatan dengan To Do List merupakan hal yang mudah namun dalam menjalankannya perlu latihan dan kedisiplinan yang ketat sehingga Anda menjadi sudah terbiasa ketika menjalankan seuatu bisnis dan usaha.
Itulah 4 hal yang bisa di rekomendasikan dalam manajemen waktu bagi para pebisnis atau pengusaha kecil menengan yang bisa kita jalankan. Di artikel ini memang tidak mengulas dengan detail satu persatu namun pada prinsipnya manajemen sebuah bisnis itu tidak lepas dari bagaimana kita bisa mengatur waktu dengan baik, apalagi bagi setiap orang yang baru menjalankan peluang usaha yang baru digelutinya.